Polisi Dalami 5 Laporan Kasus Begal Sepeda

Polisi Dalami 5 Laporan Kasus Begal Sepeda

Kamis, 29 Oktober 2020 | 18:01 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Polisi menerima lima laporan terkait kasus begal sepeda yang marak terjadi pada bulan Oktober 2020, di Jakarta. Penyidik masih mendalami apakah pelaku merupakan satu sindikat atau kelompok.

"Yang melapor Oktober ada sekitar lima kasus, ini kita dalami. Ada satu kasus yang telah diungkap," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, Kamis (29/10/2020).

Yusri mengatakan, kasus yang terjadi diperkirakan lebih banyak, karena satu pelaku yang diamankan Polsek Menteng mengaku telah menjalankan aksi sebanyak tujuh kali. Polisi pun terkendala melakukan pengungkapan karena ada korban tidak melapor. "Ada pengakuannya sudah tujuh kali beraksi begal sepeda," ungkapnya.

Menyoal apakah para pelaku merupakan sindikat atau kelompok, Yusri menyampaikan, penyidik masih mendalaminya. "Kami masih dalami semuanya, memang sedang marak kejadiannya. Tim sudah bergerak melakukan penyelidikan," katanya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah membentuk tim untuk melakukan penyelidikan dan mengungkap pelaku kejahatan begal sepeda yang marak terjadi belakangan ini. "Polda Metro Jaya sudah bentuk tim, ini dijadikan prioritas juga. Sudah dibentuk tim langsung di bawah pimpinan Dirkrimum Polda Metro Jaya untuk melakukan penyelidikan, pengungkapan terhadap para begal-begal yang ada," ucap Yusri

Selain memburu pelaku, polisi juga meningkatkan kegiatan preventif dengan melakukan patroli untuk mengantisipasi tindak kejahatan di jalan. Termasuk, memetakan lokasi rawan begal sepeda seperti di Jalan Jenderal Sudirman, MH Thamrin, Monas, dan wilayah lainnya.

Mengantisipasi tindak kejahatan begal sepeda, polisi mengimbau kepada pengendara sepeda agar mengutamakan keselamatan, usahakan untuk meniadakan niat dan kesempatan pelaku kejahatan semisal, tidak membawa barang berharga, menyimpan handphone di tempat aman, tidak bersepeda sendirian, dan lainnya.

Diketahui, kasus begal sepeda memang sedang marak terjadi belakangan ini. Seorang perwira Marinir Kolonel Pangestu Widiatmoko, menjadi korban ketika bersepeda di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, sekitar pukul 06.45 WIB, Senin kemarin.

Berdasarkan informasi, korban dipepet bandit yang mengendarai sepeda motor. Sejurus kemudian, pelaku mencoba mengambil tas yang dibawa korban. Mengetahui hendak dicuri korban berupaya mempertahankan tasnya, namun akhirnya terjatuh dan mengalami luka robek di pelipis kiri serta memar di bagian belakang. Pelaku kemudian langsung melarikan diri ke arah Jalan MH Thamrin.

Selain itu, pesepeda bernama Hendra (41) juga menjadi sasaran pelaku begal sepeda, di Jalan Puri Indah Raya, Kembangan, Jakarta Barat, sekitar pukul 07.30 WIB, Selasa (27/10/2020) kemarin. Kronologi kejadian bermula ketika korban dan temannya bersepeda keliling kawasan Puri Indah Raya. Tiba-tiba pelaku begal yang mengendarai sepeda motor berboncengan memepet korban.

Pelaku memegang badan korban, kemudian secara refleks korban menepis sehingga tidak seimbang dan jatuh terpental dari sepeda. Melihat korban jatuh, pelaku langsung kabur.

Ponsel Hendra sempat hilang, namun akhirnya ditemukan polisi di dalam selokan ketika menyisir lokasi. Kendati demikian, korban mengalami luka di bagian wajah dan lengan.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Depok Miliki Lima Pasar Rakyat Online

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok meluncurkan pasar rakyat online untuk mempermudah masyarakat berbelanja di masa pandemi Covid-19.

MEGAPOLITAN | 29 Oktober 2020

Libur Panjang, 336.929 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

336.929 kendaraan meninggalkan Jakarta periode dua hari libur, 27-28 Oktober 2020.

MEGAPOLITAN | 29 Oktober 2020

Libur Panjang, Menhub Tinjau Pasar Senen dan Kampung Rambutan

Peninjauan ini dilakukan guna memastikan penerapan protokol kesehatan dalam masa libur panjang ini terlaksana dengan baik.

MEGAPOLITAN | 29 Oktober 2020

Kapolres Metro Tangerang Turun Tangan Damaikan 2 Ormas Bertikai

Kapolres dan Dandim bertemu dan berdialog dengan kedua ormas tersebut. Hal tersebut untuk meredam kemungkinan terjadinya bentrok susulan.

MEGAPOLITAN | 29 Oktober 2020

Arus Lalin Tol Japek Lancar, Lawan Arus Dihentikan

Kepolisian dan Jasa Marga, menghentikan rekayasa lalu lintas contra flow atau lawan arus menyusul situasi arus kendaraan lancar, di Jalan Tol Japek.

MEGAPOLITAN | 29 Oktober 2020

2 Bentrok Ormas di Ciledug, Kapolsek Luka Kena Sajam

FBR dan Pemuda Pancasila (PP) terlibat bentrok, di Jalan HOS Cokroaminoto, Larangan, Kota Tangerang.Tiga orang mengalami luka-luka akibat peristiwa itu.

MEGAPOLITAN | 29 Oktober 2020

Lima Saran Anies Baswedan Menikmati Liburan Asyik Tanpa Bepergian

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan lima cara agar liburan asyik bersama keluarga di rumah, tanpa harus bepergian.

MEGAPOLITAN | 29 Oktober 2020

Anies Minta Peringatan Maulid Nabi Tetap Taati Protokol Kesehatan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau umat Islam tetap menerapkan protokol kesehatan dalam memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

MEGAPOLITAN | 29 Oktober 2020

Malika Refleksi Perkuat Kerahamahan

Malika Refleksi Keluarga merayakan ulang tahun pertamanya pertengahan bulan depan bersama para pemiat di Carita, Banten.

MEGAPOLITAN | 29 Oktober 2020

Urai Kepadatan, Lawan Arus di Tol Japek Diperpanjang Hingga KM 65

Kepolisian bersama Jasa Marga, memperpanjang rekayasa arus lalu lintas contra flow atau lawan arah untuk mengurai kepadatan kendaraan mulai dari KM 47-KM 65.

MEGAPOLITAN | 29 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS