Islamic Tourism Expo 2019 Targetkan Transaksi Rp 126 Miliar

Islamic Tourism Expo 2019 Targetkan Transaksi Rp 126 Miliar
Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo (kedua dari kanan) didampingi Corporate Secretary BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari (paling kanan); saat mengunjungi booth BNI Syariah bersama Duta Besar Saudi Arabia, Esam Abid Althagafi (ketiga dari kanan) disela pembukaan BNI Syariah Islamic Tourism Expo di JCC Senayan, Jakarta pada Jumat (30/8). ( Foto: beritasatu,com )
Prisma Ardianto / FER Jumat, 30 Agustus 2019 | 18:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank BNI Syariah membuka perhelatan pameran haji dan umrah BNI Syariah Islamic Tourism Expo (ITE) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (30/8/2019). Perseroan menargetkan nilai transaksi sebesar Rp 126 miliar pada kegiatan kali ini.

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo, menjelaskan, target transaksi tahun ini tumbuh 17 persen dari realisasi bisnis penyelenggaraan sebelumnya sebesar Rp 108,6 miliar. Nilai tersebut terdiri atas pembiayan produktif sebesar Rp 56,7 miliar, pembiayaan konsumtif Rp 51,2 miliar dan dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp 577,6 juta.

Pihaknya juga menargetkan jumlah pengunjung tahun ini sebanyak 30.000 orang atau meningkat 25 persen dibanding tahun Ialu. Di sisi lain, perhelatan kalai ini juga diikuti oleh 141 peserta tenant supply chain yang meliputi 38 perusahaan perjalanan, 57 international sellers, 8 national tourism organization, 12 perusahaan perlengkapan perjalanan, 3 maskapai penerbangan, 13 lembaga pemerintahan dan asosiasi, serta 10 peserta lain.

"Melalui BNI Syariah Islamic Tourism Expo 2019, BNI Syariah tidak hanya berperan sebagai lembaga intermediasi keuangan. Namun, juga sebagai agregator bisnis dan kolaborator bagi segenap stakeholders," kata Abdullah.

BNI Syariah ITE 2019, lanjut Abdullah, bekerja sama dengan Arrayan Mulli Kreasi (AMK) yang merupakan lanjutan dari acara serupa ditahun lalu. Dalam penyelenggaraannya, perseroan menawarkan berbagai program pembiayaan umrah seperti paket, diskon, cicilan, hingga bonus.

"Tersedia berbagai program menarik bagi pengunjung diantaranya paket umrah mulai Rp 17 jutaan, paket umrah uang muka ringan mulai Rp 2,5 juta, diskon paket umrah sampai dengan Rp 1 juta, diskon paket hall khusus mulai Rp 2,5 juta, paket umrah bayar 3 berangkat 4 dan program Umrah Duluan, Cicil Belakangan dengan BNI Fleksi iB Hasanah," papar Abdullah.

Bagi para peserta expo, pihaknya juga menawarkan layanan keringanan tarif remittance (provisi Rp 1/US$ 1) untuk travel agent, keringanan Tarif Penerbitan Bank Guarantee Under Counter Guarantee-Provider Visa dengan tarif promo US$ 1.600 net. Layanan itu berlaku dengan penyetoran komitmen saat acara berlangsung. Adapun pemberian spesial kurs transaksi jual bali valas (telegraphic transfer), serta solusi pembayaran transaksi B2B melalui Hasanah Card dengan limit dapat mencapai Rp 900 juta.

Lebih lanjut, guna memenuhi kebutuhan hidup halal dan hunian yang nyaman, BNI Syariah menghadirkan 3 developer properti yaitu Perumnas, Patra Jasa, dan Pesona Land. Peserta juga bisa menggunakan promo produk pembiayaan untuk rumah hasanah dengan harga jual yang kompetitif dan down payment (DP) atau uang muka mulai 5 persen.

Sementara itu, Corporate Secretary BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari, menyampaikan, perhelatan kali ini bertujuan untuk mengumpulkan para pelaku umrah, travel umrah, serta supply chain di satu tempat ekosistem halal. Terdapat beberapa program pembeda pada pagelaran tahun ini.

"Perbedaan dengan sebelumnya, BNI Syariah Islamic Tourism Expo tahun ini selain ada international tourism destination, kami juga mengedepankan destinasi Lombok, Bali, Padang, lalu ada juga Banten. Bukan hanya menjual international tourism destination, kami juga mengundang foreign exhibitor and visitor untuk melihat dan menawarkan local destination di Indonesia," ungkap Rima.

Perbedaan kedua, sambung Rima, yaitu BNI Syariah maju sebagai BNI corporated dengan mengajak BNI Life untuk bersama-sama dalam acara tersebut. Selain itu, sinergi bersama asosiasi dan mitra juga tetap dilakukan melalui berbagai kegiatan talkshow.

Hal ini antara lain talkshow Sertifikasi Halal oleh Komite Bidang Perlindungan Konsumen dan Hubungan Industrial Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Selain itu, ada pula talkshow Solusi Bagasi dan Kargo Haji dan Umrah oleh BNI Syariah dan PT Tips Inovasi Indonesia, yang kemudian akan dilanjutkan dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara keduanya.

 



Sumber: Investor Daily