Mantan Direktur Keuangan Jiwasraya Dituntut Seumur Hidup

Rabu, 23 September 2020 | 19:17 WIB
Oleh : Fana F Suparman / WM


Jakarta, Beritasatu.com - Jaksa Penuntut Umum meminta Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman seumur hidup dan denda sebesar Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan terhadap mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya, Hary Prasetyo.

Jaksa meyakini Hary bersama-sama mantan Direktur Utama PT Jiwasraya Hendrisman Rahim dan eks Kepala Divisi Investasi PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan telah melakukan korupsi terkait pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya yang merugikan keuangan negara hingga Rp 16,807 triliun.

"Menuntut supaya Majelis Hakim pengadilan menyatakan terdakwa Hary Prasetyo telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama," kata Jaksa Yanuar Utomo saat membacakan surat tuntutan Hary dalam persidangan, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Tuntutan terhadap Hary lebih berat ketimbang Hendrisman dan Syahmirwan yang juga menjadi terdakwa perkara ini. Jaksa menuntut Hendrisman untuk dihukum 20 tahun pidana penjara dan denda sebesar Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. Sedangkan Syahmirwan dituntut dijatuhi hukuman 18 tahun pidana penjara dan denda sebesar Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Dalam menuntut ketiga mantan pejabat Asuransi Jiwasraya, Jaksa mempertimbangkan sejumlah hal. Untuk hal yang memberatkan, Jaksa menilai, ketiga terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam rangka penyelenggaraan negara yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dan perbuatan ketiga terdakwa berimplikasi pada kesulitan ekonomi terhadap para peserta PT Asuransi Jiwasraya.

"Perbuatan terdakwa terencana, terstruktur dan masif, dan berimplikasi pada timbulnya kesulitan ekonomi nasabah Asuransi Jiwasraya, perbuatan terdakwa menyebabkan kepercayaan masyarakat menurun terhadap perusahaan asuransi," kata Jaksa.

Sementara untuk hal yang meringankan, Jaksa menikai terdakwa bersikap sopan dan kooperatif dalam persidangan serta terdakwa belum pernah dihukum.

Jaksa meyakini, perbuatan para terdakwa merugikan keuangan negara sebesar Rp 16,8 triliun. Dugaan kerugian negara tersebut berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Investigatif dalam Rangka Penghitungan Kerugian Negara Atas Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi pada periode Tahun 2008 sampai 2018 Nomor: 06/LHP/XXI/03/2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Jaksa mengatakan, Hendrisman selaku Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya bersama-sama Hary dan Syahmirwan melakukan kesepakatan dengan Direktur Utama PT Hanson Internasional Benny Tjokrosaputro, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat dan Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto dalam pengelolaan investasi saham dan reksa dana PT AJS yang tidak transparan dan tidak akuntabel dengan melakukan kesepakatan tanpa penetapan Direksi PT Asuransi Jiwasraya.

Sejak 2008 hingga 2018, ketiga terdakwa telah menggunakan dana-dana hasil produk Jiwasraya berupa produk nonsaving plan, produk saving plan, maupun premi korporasi yang keseluruhan bernilai kurang lebih Rp 91.105.314.846.726,70 di antaranya untuk melakukan investasi saham, Reksa Dana maupun Medium Term Note (MTN).

Selama periode tersebut, Hendrisman, Hary dan Syahmirwan sepakat untuk menyerahkan pengaturan pengelolaan investasi saham dan reksa dana PT Asuransi Jiwasraya kepada Benny Tjokro, Heru Hidayat dan Joko Hartono. Pengelolaan dan pengaturan saham sepenuhnya diserahkan kepada Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro, sehingga manajer investasi yang dipilih tidak mengetahui secara pasti nama saham yang ditempatkan, kualitas dan jumlah saham yang ditempatkan ke dalam reksa dana.

Atas perbuatannya, ketiga mantan pejabat PT Asuransi Jiwasraya dituntut berdasarkan dakwaan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 UU Pemberantasan Korupsi Juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kuasa Hukum Pinangki Sebut Dakwaan Jaksa Tidak Nyambung

Jaksa Pinangki keberatan atas dakwaan JPU terhadapnya yang dibacakan di Pengadilan Tipikor, Rabu (23/9/2020). Pengacaranya menyebut dakwaan JPU tidak "nyambung"

NASIONAL | 23 September 2020

Kemhub Terus Dorong Indonesia Bebas Kendaraan Kelebihan Muatan

Kemhub menggelar bimbingan teknis untuk penyelenggaraan unit pelaksana penimbangan kendaraan bermotor sebagai upaya membasmi kendaraan kelebihan muatan.

NASIONAL | 23 September 2020

KPU Tetapkan Dua Pasangan Calon Pilkada Kabupaten Serang

Pilkada Kabupaten Serang akan diikuti dua pasang calon, setelah keduanya ditetapkan oleh penyelenggara pemilu.

NASIONAL | 23 September 2020

Kemtan Kembangkan 35 Ha Lahan Vanili di 4 Provinsi

Pengembangan lahan vanili dilakukan di Jawa Barat, Maluku, Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur.

NASIONAL | 23 September 2020

Operasi Yustisi, Hampir 1 Juta Masyarakat Ditindak

Hampir 1 juta masyarakat ditindak dalam Operasi Yustisi 2020 yang sudah digelar sejak 14 September 2020 di seluruh Indonesia.

NASIONAL | 23 September 2020

Buru Napi Kabur, Ditjenpas Bentuk Tim Khusus

Tim khusus tersebut dibentuk guna memburu terpidana mati Cai Changpan yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang.

NASIONAL | 23 September 2020

Sultan HB X Sebut Rasio Tes Covid-19 di DIY Belum Ideal

Menurut Sultan, mestinya setiap daerah bisa melakukan swab test terhadap minimal satu persen dari jumlah penduduk.

NASIONAL | 23 September 2020

Kota Cimahi Alami Fenomena Hujan Butiran Es

Wilayah Kota Cimahi, Jawa Barat pada Rabu (23/9/2020) siang sekitar pukul 14.40 WIB, dilanda fenomena hujan deras disertai butiran es.

NASIONAL | 23 September 2020

Sugapa Memanas, Brigjen Polisi Diturunkan

Brigjen Mathius D Fakhiri terbang ke Sugapa, Intan Jaya guna meredam kasus penembakan Pendeta Yeremias Zanambani di Kampung Bomba Distrik Hitadipta.

NASIONAL | 23 September 2020

KPU Siapkan Jenis Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

KPU telah menyiapkan sejumlah sanksi bagi Paslon Pilkada Serentak yang melanggar protokol kesehatan.

NASIONAL | 23 September 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS