Sebaiknya, Berolahraga di Waktu Pagi atau Malam?

Sebaiknya, Berolahraga di Waktu Pagi atau Malam?
Ilustrasi olahraga ( Foto: Indosport.com )
Winda Ayu Larasati / WIN Minggu, 6 Oktober 2019 | 10:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Olahraga sangat baik untuk kebugaran tubuh, tidak sedikit yang memilih untuk berolahraga di pagi hari atau malam hari. Namun, adakah pengaruhnya jika berolahraga di waktu-waktu tersebut?

Dilansir dari Klikdokter.com, dr. Nabila Viera Yovita menjawab, berolahraga di waktu pagi atau malam hari sama baiknya untuk kesehatan tubuh. Tidak ada yang terbaik di antara dua pilihan waktu untuk berolahraga.

Ia juga mengatakan kedua waktu tersebut baik untuk berolahraga asal dilakukan dengan kondisi tubuh yang fit dan mencari lokasi yang sebaiknya jauh dari polusi udara.

Olahraga di waktu pagi hari
Berolahraga di waktu pagi dapat menurunkan tekanan darah dan mampu menjaga sirkulasi darah tetap lancar, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Namun, perlu diketahui bahwa metabolisme tubuh manusia masih belum bekerja secara sempurna di pagi hari. Karena otot-otot di tubuh cenderung lebih kaku dan tegang saat berolahraga. Hasilnya, tubuh membutuhkan waktu pemanasan lebih lama jika dibandingkan dengan olahraga di waktu lainnya.

Olahraga di malam hari
Berolahraga di malam hari tidak perlu pemanasan yang lama, karena tubuh sudah melakukan 'pemanasan' sepanjang hari dengan melakukan berbagai aktivitas.

Bukan berarti olahraga di malam hari tidak memiliki kemungkinan efek buruk. Saat berolahraga, kerja seluruh sistem tubuh akan meningkat. Akibatnya, tubuh perlu waktu lebih lama untuk relaks sebelum beranjak tidur.

Namun, jika Anda memilih berolahraga di malam hari, pastikan untuk menjaga konsistensi karena aktivitas yang dilakukan di siang hari bisa menggeser dan merusak rencana olahraga di malam hari.



Sumber: Klikdokter.com, Indosport.com