Setop Menyalahkan Diri Sendiri Jika Anda Tengah Menghadapi Masalah

Setop Menyalahkan Diri Sendiri Jika Anda Tengah Menghadapi Masalah
Menyalahkan Diri Sendiri Ilustrasi ( Foto: sehatq.com )
Winda Ayu Larasati / WIN Rabu, 11 September 2019 | 15:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Jika Anda tengah menghadapi masalah di mana kenyataan yang terjadi berbeda dengan harapan seringkali membuat manusia kecewa. Bahkan saat kita berbuat kesalahan terhadap suatu perkara, tidak jarang kita menyalahkan diri sendiri. Namun, tidak sedikit juga yang berusaha untuk menerima kesalahan tersebut dan kembali semangat melihat ke depan. Bagi Anda yang pernah melakukan kesalahan hingga menyalahkan diri sendiri sampai mengakibatkan depresi, mulai sekarang mari mulai menerima dan menyayangi diri sendiri.

1. Mengakibatkan depresi

Menghadapi masalah yang besar membuat Anda merasa tidak berdaya bahkan tidak merasa bisa menghadapi permasalahan tersebut.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 mewawancarai 132 pasien depresi untuk mengetahui gejala dan penyebab depresinya. Hasilnya, lebih dari 90 persen pasien tertekan dan tidak mampu. Selain itu, 80 persen di antara mereka pun sering menyalahkan diri sendiri dan beranggapan bahwa dirinya tidak mampu dan putus asa menghadapi masalah.

Perasaan tidak mampu dan putus asa berkaitan erat dengan suasana hati yang tertekan saat menghadapi masalah. Hal ini mengakibatkan emosi yang timbul menyebabkan Anda menyalahkan diri sendiri hingga depresi.

2. Menyayangi diri sendiri

Walau terdengar mudah, namun kenyataannya cukup sulit untuk dilakukan. Ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda berhenti menyalahkan diri sendiri.

Untuk menyayangi diri sendiri, sebaiknya Anda mengenali tanggung jawab Anda untuk mengetahui apa saja yang menjadi kewajiban Anda.

Lalu, mempertanggungjawabkan apa yang telah Anda perbuat. Hal yang perlu diingat, kesalahan bukanlah sesuatu yang hina, melainkan keadaan yang Anda ciptakan ketika berbuat sesuatu.

Sebenarnya, Anda berhak berbuat kesalahan, karena dari kesalahan itulah Anda dapat mempelajari sesuatu. Jika sibuk menyalahkan diri sendiri, tentu tidak membuat situasi menjadi lebih baik, melainkan membuat Anda lebih terpuruk dan tidak mampu melangkah ke depan.



Sumber: Hellosehat.com, Sehatq.com