Ternyata Mineral Paling Mudah Diserap Tubuh Melalui Air Minum

Ternyata Mineral Paling Mudah Diserap Tubuh Melalui Air Minum
Ilustrasi minum air putih yang mengandung mineral-mineral bagi kesehatan tubuh ( Foto: ist / ist )
Mardiana / MAR Kamis, 4 Oktober 2018 | 10:24 WIB

Jakarta – Mineral adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar sehat. Beberapa mineral berfungsi sebagai pembentuk bagian tubuh dan lainnya menjaga proses metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik.

Mineral kalsium (Ca) misalnya, berfungsi sebagai pembentuk tulang tubuh. Kekurangan kalsium akan membuat bayi tidak tumbuh normal. Sedangkan kekurangan kalsium di masa anak, remaja, dan dewasa, akan mengalami pengeroposan tulang (osteoporosis) di mas tuanya.

Mineral lain yang tak kalah penting adalah magnesium (Mg). Magnesium berfungsi sebagai zat pembentuk sel darah merah. Juga sebagai kofaktor enzim, fungsi otot, dan saraf. Selain menyebabkan anemia, kekurangan magnesium menimbulkan risiko penyakit jantung koroner, diabetes tipe-2, serta gangguan fungsi otot dan saraf.

Selain kalsium dan megnesium, ada banyak mineral yang berperan penting bagi kesehatan tubuh. Diantaranya, natrium (Na), klorida (Cl), fosfor (P), flourida (F), zat besi/ferum (Fe), kalium (Ka), sulfur/berlerang (S), tembaga/cobalt (Co), ioidium (I), cromium (Cr), mangan (Mn), zinc/seng (Zn), sodium,dan potasium.

Mineral-mineral tersebut terdapat pada sejumlah bahan makanan yang kita makan sehari-hari. Karena itu penting bagi manusia untuk mengonsumi beragam makanan dalam satu hari. Selain itu, mineral secara alami juga terdapat di dalam air putih yang kita minum. Karena itu, sangat penting juga untuk mencukupi kebutuhan air minum sebanyak minimal 2 liter per hari. Terlebih, mineral pada air minum lebih mudah diserap tubuh ketimbang mineral yang terkandung di dalam bahan makanan.

Karena itulah, sebagai bagian dari kampanye Gerakan Indonesia Sehat, air Le Minerale bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mewujudkan program dua juta botol air mineral gratis yang diberikan ke 100 rumah sakit di Indonesia. Program dua juta botol air mineral ini juga merupakan kontribusi dari acara Le Minerale Water Run 2018 yang telah berlangsung di Jakarta dan Surabaya.

Pembagian dua juta botol air mineral gratis ini ditujukan untuk mengedukasi dan menyampaikan pesan hidup sehat kepada masyarakat Indonesia yang fokus kepada tiga pilar hidup sehat yaitu move right (olahraga secara teratur), eat right (konsumsi makanan bergizi seimbang), dan drink right (konsumsi air minum yang mengandung mineral alami).

“Sejalan dengan kampanye Gerakan Indonesia Sehat 2018, Le Minerale bersama Ikatan Dokter Indonesia membagikan dua juta botol air mineral gratis kepada 100 Rumah Sakit di Indonesia untuk mengajak masyarakat Indonesia agar hidup lebih sehat lagi. ” ujar Febri Hutama, Marketing Manager Le Minerale dalam siaran pers yang diterima Investor Daily di Jakarta, Kamis (4/10)

“Program ini kami lakukan untuk mengedukasi pentingnya mineral bagi tubuh, di mana kandungan mineral paling mudah diserap oleh tubuh melalui air minum yang kita konsumsi. Maka dari itu kami berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat Indonesia melalui program dua juta botol ini,” ujar Febri menambahkan.

Di sela-sela kunjungan Le Minerale ke beberapa rumah sakit, Le Minerale menginformasikan bahwa program yang digagas oleh Le Minerale dan Ikatan Dokter Indonesia ini dilatarbelakangi oleh fakta kesehatan tentang air minum yang baik dan tepat. Minum tidak hanya sekedar minum atau hanya untuk menghilangkan haus saja, akan tetapi membiasakan diri selalu mengkonsumsi air minum yang mengandung mineral alami yakni, Kalsium, Sodium, Magnesium, Potasium, Bikarbonat dan mineral alami lainnya seperti yang terdapat pada Le Minerale.



Sumber: Investor Daily