Arab Saudi Perbolehkan Pasangan Bukan Suami Istri Menginap di Hotel

Arab Saudi Perbolehkan Pasangan Bukan Suami Istri Menginap di Hotel
Ilustrasi hotel. ( Foto: BSMH/Defrizal )
Yudo Dahono / YUD Minggu, 6 Oktober 2019 | 13:45 WIB

Riyadh, Beritasatu.com - Pemerintah Arab Saudi mengizinkan pasangan non suami istri warga negara asing menginap di kamar hotel tanpa memberikan bukti hubungan yang sah antara keduanya. Kebijakan ini dikeluarkan Arab Saudi terkait kunjungan wisata ke negara mereka.

Baca juga: Arab Saudi Terbitkan Visa Turis untuk 49 Negara

Perempuan, termasuk warga negara Saudi kini juga diperbolehkan menginap dalam kamar hotel sendirian, demikian dikonfirmasikan Komisi untuk Turisme dan Pelestarian Budaya Arab Saudi, dikutip dari Reuters, Jumat (4/10/2019). Di dalam aturan sebelumnya pemerintah Arab Saudi tidak mengizinkan hal tersebut terjadi.

Baca juga: Nicki Minaj Akan Gelar Konser di Arab Saudi

Meski begitu warga negara Saudi masih tidak diperbolehkan menginap dalam satu kamar kecuali mereka adalah pasangan suami istri yang sah atau memiliki hubungan keluarga. Hubungan seksual di luar pernikahan juga masih dilarang oleh Arab Saudi.

Pada pekan lalu Arab Saudi membuka pintu bagi wisatawan asing dari 49 negara - tanpa Indonesia di dalamnya - sebagai upaya diversifikasi pendapatan negara dari non minyak.

Sebagai bagian dari keputusan tersebut, wisatawan asing tidak diwajibkan mengenakan baju tertutup berwarna hitam, tetapi harus mengenakan busana yang sopan. Hingga saat ini Arab Saudi masih melarang peredaran minuman beralkohol.



Sumber: Middle East Eye