Arab Saudi Siapkan Respons Militer ke Iran

Arab Saudi Siapkan Respons Militer ke Iran
Instalasi minyak Khurais di Arab Saudi tampak mengalami kerusakan berat setelah serangan pesawat nirawak pada 14 September 2019. ( Foto: AFP / FAYEZ NURELDINE )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 25 September 2019 | 21:55 WIB

New York, Beritasatu.com- Arab Saudi meyakini Iran telah melakukan serangan baru-baru ini pada fasilitas minyaknya. Oleh karena itu, Saudi akan mempertimbangkan respons militer setelah penyelidikan selesai, menteri negara kerajaan untuk urusan luar negeri mengatakan pada hari Selasa.

“Kami ingin mengerahkan dukungan internasional, dan kami ingin melihat semua opsi - opsi diplomatik, opsi ekonomi, dan opsi militer - dan kemudian membuat keputusan,” kata Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir pada konferensi di sela-sela Sidang Umum AS, Selasa (24/9).

Jubeir mengatakan PBB membantu mengidentifikasi situs peluncuran serangan 14 September, yang untuk sementara melumpuhkan lebih dari 5 persen produksi minyak global. Serangan itu juga mengakibatkan harga minyak naik lebih tinggi.

Jubeir berharap penyelidikan akan selesai "segera" tetapi memperkirakan hasilnya akan terungkap dalam beberapa minggu dan bukan hari.

“Kami ingin menghindari perang. Tetapi pada saat yang sama kami harus memberi sinyal kepada Iran bahwa 'perilaku Anda tidak dapat berlanjut',” tambahnya.



Sumber: Suara Pembaruan