Tumbangkan Svitolina, Serena Kembali Tembus Final

Tumbangkan Svitolina, Serena Kembali Tembus Final
Serena Williams ( Foto: AFP )
Jaja Suteja / JAS Jumat, 6 September 2019 | 09:56 WIB

New York, Beritasatu.com - Serena Williams mengamankan tiket final AS Terbuka (US Open) 2019 setelah menyingkirkan Elina Svitolina dengan skor 6-3, 6-1 pada semifinal yang di New York, Kamis (5/9/2019) atau Jumat pagi WIB.

Dengan hasil ini, Serena tercatat telah memenangi 101 pertandingan di AS Terbuka serta semakin dekat dengan upayanya meraih gelar Grand Slam ke-24.

Catatan kemenangan ini juga membuat Serena menyamai torehan kemenangan terbanyak di Flushing Meadows, yang digenggam Chris Evert.

Pertandingan semifinal ini menyajikan laga klasik. Serena memaksimalkan tenaganya untuk menyerang, sedangkan Svitolina merupakan salah satu petenis putri yang memiliki pengembalian terbaik.

Petenis Ukraina itu sebenarnya bukan tanpa peluang di AS Terbuka 2019. Namun ia tidak mampu memaksimalkan satu pun dari enam kesempatan mematahkan servis lawan.

Situasi tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Serena. Dengan pukulan forehand keras dan enam ace, petenis berusia 37 tahun itu mampu mengamankan kemenangan.

Laga ini awalnya diperkirakan akan berlangsung panjang dan kompetitif, ketika Svitolina memaksa Williams menahan tiga break point pada servis pembukaannya.

Namun Williams mampu membalas dengan mematahkan servis Svitolina pada kesempatan pertama. Adik Venus Williams ini melepaskan pukulan yang tidak dapat dikembalikan sang petenis Ukraina.

Itu merupakan satu-satunya break yang terjadi pada set pertama, namun sudah cukup untuk membawa Williams memimpin 1-0.

Svitolina menahan servis untuk membuka raihan poinnya pada set kedua. Namun Williams menyapu bersih enam gim berikutnya untuk mengamankan laju ke final Grand Slam untuk ke-33 kalinya.

Di final, Williams akan berhadapan dengan pemenang pertandingan antara petenis Swiss Belinda Bencic melawan Bianca Andreescu dari Kanada. Wanita yang melahirkan pada 1 Septemer 2017 lalu itu ingin mewujudkan ambisi menjadi juara tunggal putri AS Terbuka untuk ketujuh kalinya, setelah tahun 1999, 2002, 2008, 2012, 2013, dan 2014.

Tahun lalu, Williams juga berhasil melaju ke final namun dikalahkan Naomi Osaka 2-6, 4-6. Osaka sendiri hanya mampu melaju hingga 16 besar tahun ini. Petenis Jepang itu menyerah kepada Bencic, 7-5, 6-4.



Sumber: US Open