Logo BeritaSatu

Oliveira Juara di Thailand, Bagnaia Tinggal 2 Poin dari Quartararo

Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:04 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Beritasatu.com – Miguel Oliveira memenangi Grand Prix Thailand untuk mengukuhkan dirinya sebagai raja wet race sementara Fransesco Bagnaia finis ketiga untuk memangkas jarak di klasemen menjadi hanya dua poin atas Fabio Quartararo yang gagal mendapat poin, Minggu (2/10/2022).

Ini merupakan balapan basah kedua musim 2022 setelah Grand Prix Indonesia di Mandalika Maret lalu, yang juga dimenangkan oleh si pembalap Red Bull KTM.

Jack Miller membuktikan bahwa belum ada team order di tim Ducati Lenovo karena dia tetap mempertahankan finis kedua di Sirkuit Buriram. Jika dia membiarkan Bagnaia untuk menyalip, mitranya itu akan mengambil alih pimpinan klasemen dari Quartararo, yang hanya finis ke-17.

Balapan sempat ditunda 55 menit karena hujan deras yang mengguyur sirkuit. Poleman Marco Bezzecchi dari tim Mooney VR46 tidak bisa bertahan lama di posisi terdepan dan juga kena penalti harus turun satu posisi karena melampaui pinggir trek.

Posisi Bezzecchi terus melorot dan akhirnya finis ke-16 atau tanpa poin.

Miller sempat memimpin balapan dan kalau menang dia sebetulnya hanya tertinggal 35 poin dari puncak klasemen, yang akan menjadikannya sebagai salah satu kandidat juara dunia dengan tiga balapan tersisa.

Sayangnya di putaran ke-15 dia disalip oleh Oliveira yang dengan penuh percaya diri mengerem lebih lambat dari si pembalap Australia.

Pembalap Pramac Ducati Johann Zarco sebetulnya menjadi pembalap terkencang di 10 putaran terakhir, dan terus naik posisi hinga urutan empat. Namun, Bagnaia mampu menahan gempuran yang dia berikan di dua putaran terakhir untuk mengamankan posisi podium terakhir.

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez berpeluang meraih hasil podium ke-100 sepanjang karirnya ketika dia seperti biasa mulai menyerang di penghujung balapan dan sempat sekali melewati Bagnaia, meskipun langsung dibalas di tikungan berikutnya.

Akselerasi Zarco yang tidak tertandingi membuyarkan rencana Marquez karena dia juga disalip dan tidak bisa mengejar lagi. Marquez akhirnya harus puas finis kelima.

Enea Bastianini dari tim Gresini Racing bisa meraih hasil bagus dengan finis keenam, mengingat dia tidak dikenal sebagai spesialis balapan basah.

Alex Marquez (LCR Honda) dan Maverick Vinales (Apilia Racing) menuntaskan balapan di posisi tujuh dan delapan, disusul Jorge Martin (Pramac).

Pembalap Red Bull KTM Brad Binder memenangi duel melawan Aleix Espargaro (Aprilia) untuk finis 10 besar. Mereka berdua sempat bersenggolan di awal balapan yang membuat Espargaro terkena long lap penalty, dan kemudian kembali merapat dan melanjutkan duel.

Tiga pembalap terakhir yang finis di zona poin adalah berturut-turut Franco Morbidelli (Yamaha), Alex Rins (Suzuki), dan Pol Espargaro (Repsol Honda).

Kinerja buruk Quartararo sudah terlihat sejak star. Dari posisi empat, dia sudah banyak disalip banyak pembalap sebelum masuk tikungan pertama dan kemudian bersenggolan dengan Alex Marquez yang membuatnya anjlok ke posisi 16. Bukannya mengejar lawan, dia malah selalu disalip pembalap lain.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gregoria Tak Menyangka Tampil di BWF World Tour Finals 2022

Gregoria Mariska Tunjung tidak menyangka tampil di BWF World Tour Finals 2022 yang akan dihelat pada 7-11 Desember di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand.

SPORT | 26 November 2022

Ternadi Bike Park Jadi Arena 76 Indonesian Downhill 2022

Ternadi Bike Park yang berada di kaki Gunung Muria ini memiliki panjang trek 2,3 km dan lebar trek 1,5 meter dan terdaftar sebagai kategori C1 di UCI.

SPORT | 26 November 2022

Rajawali Women’s Tennis Open 2022 Jadi Ajang Seleksi Petenis Putri

Turnamen nasional bertajuk Rajawali Women's Tennis Open 2022 akan menjadi ajang seleksi petenis putri nasional.

SPORT | 25 November 2022

Jawara Piala Presiden Esports 2022 Ditargetkan ke Kancah Internasional

Jawara Piala Presiden Esports 2022 ditargetkan bisa meneruskan dan mengukir prestasi ke kancah internasional.

SPORT | 25 November 2022

Persiapan SEA Games 2023, PB PASI Kirim 30 Atlet Ikuti Kejuaraan di Thailand

PB PASI ingin menguji perkembangan atlet selama menjalani pelatnas untuk SEA Games XXXII/2023 di Phnom Penh, Kamboja.

SPORT | 24 November 2022

Akademi Esports Milo-RRQ Tekankan Pentingnya Latihan Fisik Atlet

Berkolaborasi dengan tim esports Indonesia, Rex Regum Qeon (RRQ), Milo E-Activ Academy menghadirkan beragam video tutorial latihan fisik.

SPORT | 23 November 2022

Wamenkumham Eddy Hiariej Terpilih sebagai Ketua Umum PP Pelti

Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) 2022-2027.

SPORT | 21 November 2022

Tak Tertandingi, Max Verstappen Juara GP Abu Dhabi

Start dari pole position, Max Verstappen dari tim Red Bull menyelesaikan balapan sepanjang 58 putaran itu dengan dominandi GP Abu Dhabi.

SPORT | 20 November 2022

Indonesia Sabet 3 Emas di Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022

Tiga dari empat emas Indonesia di Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022 diraih oleh female team kata, male team kata, female kumite +68 kg.

SPORT | 20 November 2022

Petchtanong Lengserkan Dominasi Akimoto di One 163

Petchtanong Petchfergus berhasil merebut sabuk emas dari sang mantan penguasa Hiroki Akimoto dalam drama kejar mengejar poin yang berlangsung sengit.

SPORT | 20 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIFA Selidiki Insiden Bendera Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

FIFA Selidiki Insiden Bendera Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

SEMESTA BOLA 2022 | 48 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE