Logo BeritaSatu

6 Komunitas Sepeda Gunung Gagas Mountain Bike Indonesia

Minggu, 25 September 2022 | 21:00 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak enam komunitas sepeda gunung terbesar di Tanah Air mengkampanyekan gaya hidup sehat sekaligus memajukan olahraga sepeda melalui gathering bertajuk “Mountain Bike Indonesia” di Gunung Pinang Bike Park, Serang, Banten, pada Minggu (25/9/2022). Adapun keenam komunitas tersebut adalah Santa Cruz Indonesia (SCI), Yeti Tribe Indonesia, Trek ID, Patrol ID, Orbea Indonesia, dan Specialized Riders Indonesia (Spider).

Ketua Klub Santa Cruz Indonesia, Aldino Reviera, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pertama kalinya menggabungkan penggemar sepeda gunung dari berbagai komunitas dan pabrikan sepeda di Indonesia. "Tujuannya untuk mempererat silaturahmi antar-penggemar sepeda gunung di Indonesia, di samping seluruh anggota komunitas berkomitmen mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan berolahraga MTB (mountain bike)," kata Aldino dalam keterangannya.

Kegiatan yang digagas enam komunitas penggemar sepeda gunung terbesar di Indonesia ini diikuti lebih 200 peserta dari Jabodetabek dan berbagai daerah lain di Indonesia.

Perkembangan olahraga sepeda gunung khususnya downhill di Indonesia memang tak dapat dianggap remeh. Para atlet andalan Indonesia mampu menorehkan prestasi di level ASEAN, Asia bahkan berbagai kejuaraan dunia yang termasuk dalam kalender Union Cycliste Internationale/UCI (Federasi olahraga sepeda dunia).

"Kami percaya atlet sepeda gunung Indonesia memiliki potensi besar untuk dapat berbicara banyak khususnya di kejuaraan Internasional. Lewat kegiatan Mountain Bike Indonesia diharapkan dapat berkontribusi perkembangan olahraga sepeda khususnya downhill di Tanah Air," kata Aldin.

Ke depan, kata Aldin, enam komunitas MTB ini berkomitmen mengadakan berbagai kegiatan yang dapat berkontribusi dalam memajukan olahraga sepeda di Indonesia. Dia juga meminta dukungan emua pihak, tidak hanya para penggemar olahraga sepeda, tetapi juga pemerintah, swasta dan publik.

"Saat ini yang dibutuhkan adalah kolaborasi dari seluruh pihak untuk dapat memajukan olahraga sepeda di dalam negeri. Kami memulainya dengan gathering ini yang sekaligus menjadi menjadi ajang pertukaran informasi dan gagasan dalam memajukan olahraga sepeda nasional,” kata Aldin.

Sementara Ketua Klub Trek ID, Indra Dhani mengatakan, perkembangan olahraga sepeda di Indonesia tak bisa dilepaskan dari keberadaan komunitas-komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia. "Penyaluran hobi dan talenta bersepeda melalui komunitas ini juga menjadi pemantik munculnya bibit-bibit atlet sepeda, tidak hanya untuk disiplin sepeda gunung downhill tetapi juga sepeda cross country (XC), BMX, time trial," kata dia.

Dia berharap dengan semakin banyak bibit atlet yang ada, semakin besar peluang olahraga sepeda untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah tingkat dunia.

Kegiatan Mountain Bike Indonesia ini juga didukung oleh beberapa Patrol Moutainbikes, Sram, Vittoria, Seven Design, Boistois, Sportindent timing, Custom ID Mudguard, Good Ride Café, minuman hidrasi Ichi Tan, dan Journalist MTB.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

193 Pembalap Siap Bertarung Seri Indonesian Downhill

193 downhiller bakal mencari poin maksimal untuk mengamankan posisi podium dari 10 kategori yang dipertandingkan di seri terakhir 76 Indonesian Downhill.

SPORT | 3 Desember 2022

Bekuk de Ridder, Anatoly Malykhin Raih 2 Sabuk Emas dan Bonus Miliaran

Anatoly Malykhin dinobatkan sebagai pemenang setelah wasit mengintervensi laga pada menit 4:35 di ronde pertama.

SPORT | 3 Desember 2022

Apriyani/Fadia Siap Bersaing di BWF World Tour Finals 2022

Apriyani/Fadia menyatakan kesiapan mereka untuk berangkat ke Bangkok pada 7-11 Desember bersaing di BWF World Tour Finals.

SPORT | 3 Desember 2022

Berdiri di Meja Saat Jumpa Pers, Jarred Brooks Jadi Musuh Warga Filipina

Jarred Brooks akan menghadapi Joshua Pacio dalam laga puncak One 164 yang berlangsung pada Sabtu (3/12/2022) malam di Mall of Asia Arena, Manila.

SPORT | 2 Desember 2022

One Fight Night 5: De Ridder dan Malykhin Incar Kemenangan Cepat

Reinier de Ridder dan Anatoly Malykhn akan berlaga di Mall of Asia Arena di Manila untuk memperebutkan sabuk Juara Dunia One Light Heavyweigh.

SPORT | 2 Desember 2022

IESF Bali 14th WEC Jadi Momentum Unjuk Potensi Besar Esports Indonesia

Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Jend Pol (P) Budi Gunawan siap menyuguhkan potensi besar Indonesia di ajang IESF Bali 14th WEC

SPORT | 2 Desember 2022

Indonesian Masters 2022, Pegolf Hamamoto dan Schietekat Memimpin Sementara

Pegolf Kosuke Hamamoto dan Neil Schietekat berbagi tempat di urutan 1 putaran pertama BNI Indonesian Masters 2022 presented by Tunas Niaga Energi (TNE).

SPORT | 2 Desember 2022

Kejuaraan Dunia Wushu Junior Jadi Persiapan Atlet Menuju Olimpiade 2032

Airlangga berharap atlet wushu Indonesia yang tampil di Kejuaraan Dunia Wushu Junior di ICE BSD, 5-10 Desember, bisa memberikan yang terbaik.

SPORT | 2 Desember 2022

Pasangan Kembar Ana-Ani Melesat ke Semifinal Rajawali Open

Pasangan kembar Fitriana Sabrina (Ana) dan Fitriani Sabatini (Ani) berhasil melangkah ke semi final ganda Rajawali Women's Tennis Open 2022.

SPORT | 2 Desember 2022

Yayuk Basuki Turun Gunung Gairahkan Petenis Muda Indonesia

Yayuk Basuki turun gunung guna menggairahkan kembali petenis putri sekaligus menyemangati junior-juniornya di Tanah Air.

SPORT | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemkab Bantu Uang Sewa Rumah untuk Korban Gempa Cianjur

Pemkab Bantu Uang Sewa Rumah untuk Korban Gempa Cianjur

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE