Logo BeritaSatu

NBA Berduka atas Meninggalnya Legenda Bill Russell

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:49 WIB
Oleh : JAS

New York, Beritasatu.com - NBA berduka cita atas kepergian sosok legendaris Bill Russell yang meninggal dunia dalam usia 88 tahun pada Minggu (31/7/2022) waktu setempat.

Komisioner NBA Adam Silver melalui pernyataan resmi pada Senin menyebut Russell sebagai sosok juara terbaik dalam semua olahraga beregu.

"Penghargaan tak terhitung yang ia peroleh sepanjang kariernya yang gemerlap bersama Boston Celtics, termasuk rekor 11 gelar juara dan lima penghargaan MVP, hanyalah permulaan dari dampak besar Bill atas liga kita dan masyarakat yang lebih luas," kata Silver dikutip dari situs resmi NBA.

Silver menyebut bahkan Bill Russell bukan sekadar berbicara di dunia olahraga tetapi juga membela nilai-nilai kesetaraan, penghormatan, dan inklusivitas yang hingga kini menjadi DNA NBA.

"Di puncak kariernya, Bill Russell gigih mengadvokasi hak-hak sipil dan keadilan sosial, warisan yang diteruskannya kepada banyak generasi pemain NBA yang mengikuti jejaknya," kata Silver.

"Bill Russell terus melangkah melewati banyak ejekan, ancaman, dan segala kesulitan tak terperi yang mengarah kepadanya, dan dia tetap bersetia atas keyakinannya bahwa setiap orang berhak diperlakukan dengan bermartabat," ujarnya menambahkan.

Silver juga mengenang kiprah Bill Russell setelah gantung sepatu saat ia membantu Celtics meraih dua gelar juara lagi sebagai pelatih dan bagaimana namanya kemudian diabadikan menjadi trofi untuk Pemain Terbaik (Most Valuable Players/MVP) Final NBA.

"Selama hampir 35 tahun sejak Bill menuntaskan kariernya sebagai pelatih kepala kulit hitam pertama di liga, kita semua cukup beruntung menyaksikannya di hampir semua ajang penting NBA, termasuk Final NBA, di mana ia menyerahkan Trofi Bill Russell kepada MVP Final NBA," katanya.

Silver turut mengenang hubungan personalnya dengan Russell, yang kerap disebutnya sebagai Babe Ruth-nya bola basket.

"Saya menghargai persahabatan kami dan sangat senang ketika dia menerima Medali Kebebasan Presiden. Saya sering memanggilnya Babe Ruth-nya bola basket, sebab sosoknya selalu bisa melampaui waktu," katanya.

"Bill adalah sosok pemenang dan rekan setim yang sempurna, dan pengaruhnya di NBA akan selalu terasa selamanya. Kami mengirimkan belasungkawa terdalam kami kepada istrinya, Jeannine, keluarganya, dan banyak temannya," tutup Silver.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

193 Pembalap Siap Bertarung Seri Indonesian Downhill

193 downhiller bakal mencari poin maksimal untuk mengamankan posisi podium dari 10 kategori yang dipertandingkan di seri terakhir 76 Indonesian Downhill.

SPORT | 3 Desember 2022

Bekuk de Ridder, Anatoly Malykhin Raih 2 Sabuk Emas dan Bonus Miliaran

Anatoly Malykhin dinobatkan sebagai pemenang setelah wasit mengintervensi laga pada menit 4:35 di ronde pertama.

SPORT | 3 Desember 2022

Apriyani/Fadia Siap Bersaing di BWF World Tour Finals 2022

Apriyani/Fadia menyatakan kesiapan mereka untuk berangkat ke Bangkok pada 7-11 Desember bersaing di BWF World Tour Finals.

SPORT | 3 Desember 2022

Berdiri di Meja Saat Jumpa Pers, Jarred Brooks Jadi Musuh Warga Filipina

Jarred Brooks akan menghadapi Joshua Pacio dalam laga puncak One 164 yang berlangsung pada Sabtu (3/12/2022) malam di Mall of Asia Arena, Manila.

SPORT | 2 Desember 2022

One Fight Night 5: De Ridder dan Malykhin Incar Kemenangan Cepat

Reinier de Ridder dan Anatoly Malykhn akan berlaga di Mall of Asia Arena di Manila untuk memperebutkan sabuk Juara Dunia One Light Heavyweigh.

SPORT | 2 Desember 2022

IESF Bali 14th WEC Jadi Momentum Unjuk Potensi Besar Esports Indonesia

Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Jend Pol (P) Budi Gunawan siap menyuguhkan potensi besar Indonesia di ajang IESF Bali 14th WEC

SPORT | 2 Desember 2022

Indonesian Masters 2022, Pegolf Hamamoto dan Schietekat Memimpin Sementara

Pegolf Kosuke Hamamoto dan Neil Schietekat berbagi tempat di urutan 1 putaran pertama BNI Indonesian Masters 2022 presented by Tunas Niaga Energi (TNE).

SPORT | 2 Desember 2022

Kejuaraan Dunia Wushu Junior Jadi Persiapan Atlet Menuju Olimpiade 2032

Airlangga berharap atlet wushu Indonesia yang tampil di Kejuaraan Dunia Wushu Junior di ICE BSD, 5-10 Desember, bisa memberikan yang terbaik.

SPORT | 2 Desember 2022

Pasangan Kembar Ana-Ani Melesat ke Semifinal Rajawali Open

Pasangan kembar Fitriana Sabrina (Ana) dan Fitriani Sabatini (Ani) berhasil melangkah ke semi final ganda Rajawali Women's Tennis Open 2022.

SPORT | 2 Desember 2022

Yayuk Basuki Turun Gunung Gairahkan Petenis Muda Indonesia

Yayuk Basuki turun gunung guna menggairahkan kembali petenis putri sekaligus menyemangati junior-juniornya di Tanah Air.

SPORT | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dua Pemain Brasil Jesus dan Telles Akhiri Piala Dunia 2022 Lebih Cepat

Dua Pemain Brasil Jesus dan Telles Akhiri Piala Dunia 2022 Lebih Cepat

SEMESTA BOLA 2022 | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE