Logo BeritaSatu

Kabar Baik, WADA Segera Cabut Sanksi LADI

Kamis, 13 Januari 2022 | 09:20 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Misi percepatan penyelesaian sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA) terhadap Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) kian menemukan titik terang. Ketua Gugus Tugas, ex-officio Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari menyebut akan ada kabar baik yang diterima Indonesia dalam waktu dekat.

Okto, sapaan karib Raja Sapta, mengatakan komunikasi dan koordinasi yang dengan WADA, Organisasi Anti-Doping Regional Asia Tenggara (SEARADO) hingga Asosiasi Anti-Doping Jepang (JADA), selaku pihak ketiga yang melakukan asistensi LADI, sudah kian intensif. Relasi posiitif ini diharapkan dapat menghasilkan kabar baik bagi Indonesia dalam waktu dekat.

“Akan ada kabar baik segera. Semoga dalam waktu dekat doa masyarakat Indonesia untuk bisa melihat Merah Putih berkibar lagi dapat segera terwujud,” kata Okto, Rabu (12/1/2022).

Sejak ditunjuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk menjadi bagian dalam tim ad-hoc pembebasan sanksi WADA, NOC Indonesia terlibat aktif mengupayakan percepatan penangguhan sanksi LADI.

Diplomasi kepada pihak terkait dilakukan secara aktif oleh NOC Indonesia, baik diplomasi formal dan nonformal, untuk memperbaiki permasalahan komunikasi, teknis, dan administrasi yang menjadi penyebab utama adanya sanksi WADA. Bahkan, Okto menggunakan waktu akhir tahun untuk melakukan koordinasi dengan Direktur Umum SEARADO Gobinathan Nair di Singapura.

“Di luar pending matters, kami sejak awal menemukan tiga tantangan yang harus diselesaikan, yakni komunikasi, teknis, dan administratif. Satu-satu kami urai dan kami perbaiki agar LADI sebagai NADO Indonesia bisa lebih profesional dan modern,” ujar Okto.

Secara teknis dan administratif, dikatakan Okto, masuk dalam ranah LADI. Sebelumnya, Wakil Ketua LADI Rheza Maulana menyampaikan pihaknya tengah fokus merampungkan test distribution plan (TDP) 2022.

“NOC Indonesia melalui Gugus Tugas mengimbau kepada semua pihak untuk dapat mempercepat semua proses penyesuaian sehingga LADI bisa berkembang menjadi lebih baik. Komunikasi telah dibangun dengan baik, tak cuma ke WADA tetapi SEARADO dan JADA sehingga semua yang telah dibangun ini bisa menjadi hasil yang positif bagi indonesia,” kata Okto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Malaysia Open: The Daddies Tumbang, 3 Wakil Indonesia ke Semifinal

Ahsan/Hendra terhenti di perempat final Malaysia Open dan Indonesia meloloskan tiga wakil ke semifinal.

SPORT | 1 Juli 2022

Valtteri Bottas Ungguli Lewis Hamilton di FP1 GP Inggris

Valtteri Bottas mengungguli Lewis Hamilton pada sesi pertama latihan bebas (FP1) Grand Prix (GP) Formula 1 (F1) Inggris.

SPORT | 1 Juli 2022

Malaysia Open: Tekuk Ganda Tuan Rumah, Fajar/Rian Melaju

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, melaju ke semifinal Malaysia Open setelah menang mudah atas wakil tuan rumah, Ong Yew Sin/Tep Ee Yi.

SPORT | 1 Juli 2022

Malaysia Open: Hafal Karakter Lawan, Apriyani/Fadia Menang

Apriyani/Fadia mengaku mampu menaklukkan pasangan nomor satu dunia, Chen/Jia, di Malaysia Open karena sudah tahu karakter permainan mereka.

SPORT | 1 Juli 2022

Cedera, Shesar Mundur dari Perempat Final Malaysia Open

Shesar Hiren Rhustavito mundur dari perempat final Malaysia Open lantaran cedera dalam pertandingan melawan Kento Momota.

SPORT | 1 Juli 2022

Malaysia Open: Tumbang Lagi, Ginting Akui Axelsen Main Sabar

Anthony Sinisuka Ginting mengakui Viktor Axelsen bermain sabar sehingga mampu kembali mengalahkan dirinya di Malaysia Open.

SPORT | 1 Juli 2022

Malaysia Open: Sikat Ganda No 1 Dunia, Apriyani/Fadia ke Semifinal

Apriyani/Fadia merebut tiket semifinal Malaysia Open setelah menaklukkan pasangan nomor satu dunia, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

SPORT | 1 Juli 2022

Malaysia Open: Ginting Tersingkir, Jojo Melaju ke Semifinal

Ginting kembali gagal mengatasi Viktor Axelsen sehingga tersisih dari Malaysia Open, sementara Jojo melaju setelah menundukkan HS Prannoy. 

SPORT | 1 Juli 2022

Malaysia Open: Kerap Buat Kesalahan, Febby/Ribka Terhenti

Febby/Ribka mengakui mereka kerap melakukan kesalahan sehingga kalah di babak perempat final Malaysia Open.

SPORT | 1 Juli 2022

Malaysia Open: Vito vs Momota, Ginting vs Axelsen di Perempat Final Hari Ini

Tujuh wakil Indonesia yang lolos ke perempat final Malaysia Open, tiga dari tunggal putra, dua ganda putra dan satu ganda putri dan ganda campuran.

SPORT | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kenang Tjahjo Kumolo, Ganjar Pranowo: Organisator yang Hebat

Kenang Tjahjo Kumolo, Ganjar Pranowo: Organisator yang Hebat

NEWS | 16 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings