Gilas Sevilla, Barcelona Naik ke Peringkat ke Dua

Gilas Sevilla, Barcelona Naik ke Peringkat ke Dua
Selebrasi Luis Suarez (Barcelona). ( Foto: ist )
/ YUD Senin, 7 Oktober 2019 | 06:10 WIB

Barcelona, Beritasatu.com - Barcelona melumat Sevilla 4-0 dalam laga pekan ke-delapan Liga Spanyol meski dua pemainnya diusir wasit pada menit-menit akhir pertandingan di Stadion Nou Camp, Minggu (6/10/2019) waktu setempat atau Senin (7/10/2019) WIB.

Kemenangan Barcelona diraih berkat gol-gol Luis Suarez, Arturo Vidal, Ousmane Dembele dan Lionel Messi dengan memanfaatkan 57 persen penguasaan bola yang mereka miliki, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Namun, Dembele menjadi satu dari dua pemain Barcelona yang diusir dari lapangan setelah menerima kartu kuning kedua pada menit ke-88 karena ia memprotes keputusan wasit Antonio Miguel Mateu Lahoz.

Semenit sebelumnya, pemain pengganti Ronald Araujo diganjar kartu merah langsung oleh wasit setelah ia melanggar Javier Hernandez tak jauh dari kotak penalti.

Namun demikian, waktu Sevilla terlalu singkat untuk memanfaatkan ketimpangan jumlah pemain dan mereka tak mampu mencetak satu gol pun pada sisa waktu yang ada.

Kemenangan yang diraih Barcelona membuat tim besutan Ernesto Valverde menanjak ke posisi kedua klasemen dengan raihan 16 poin, atau hanya terpaut dua poin dari Real Madrid (18) di puncak, sedangkan Sevilla (13) tertahan di urutan keenam.

Pertandingan awalnya berlangsung ketat, saat kiper kedua tim diuji oleh percobaan tembakan satu sama lain. Namun, Barcelona lah yang lebih dulu membuka keunggulan pada menit ke-27 lewat gol spektakuler Suarez yang dicetaknya dengan tendangan salto menyambut umpan silang Nelson Semedo.

Lima menit berselang, keunggulan Barcelona berganda lewat aksi tiki taka di tepian kotak penalti yang diakhiri tendangan Arthur Melo yang dibelokkan oleh jangkauan kaki Vidal untuk membobol gawang Sevilla. Dugaan offside sempat muncul, namun tinjauan VAR memastikan bahwa Vidal aman karena posisi Jesus Navas.

Barcelona tak membutuhkan waktu lama untuk menambah keunggulan lagi, pada menit ke-35 giliran Dembele yang beraksi setelah menerima umpan Arthur dan memperdaya kiper Tomas Vaclik dengan sontekan ke sudut kanan bawah gawang.

Dalam seketika pertandingan yang tadinya imbang hingga hampir setengah jam pertama, berbalik menjadi keunggulan tegas Barcelona 3-0 atas Sevilla yang bertahan hingga turun minum.

Tiga menit memasuki babak kedua, Sevilla berusaha mencetak gol balasan namun aksi Luuk de Jong yang merebut bola dari Jean-Clair Todibo di tepi kotak penalti hanya berakhir membentur tiang gawang.

Barcelona bermain lebih sabar dan menanti waktu untuk melancarkan serangan balik sejak itu hingga pada menit ke-77 Lucas Ocampos melakukan kesalahan dengan menghalau tembakan Suarez dengan tangannya tak jauh dari kotak penalti.

Titik itu jadi jarak favorit Messi yang menghadapi bola dan mengeksekusi tendangan bebas khasnya, yang sempat dijangkau oleh Vaclik namun lajunya tak terhenti ke dalam gawang. Barcelona empat, Sevilla nol.

Dua pengusiran pemain Barcelona pada menit ke-87 dan ke-88 memang memberi keuntungan bagi Sevilla, namun waktu yang tersisa terlalu singkat bahkan untuk tim besutan Julen Lopetegui mencetak gol penghiburan.

Susunan pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Jean-Clair Todibo (Ronald Araujo), Gerard Pique, Nelson Semedo; Arthur Melo (Sergio Busquets), Frenkie de Jong, Arturo Vidal (Ivan Rakitic); Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele
Pelatih: Ernesto Valverde

Sevilla (4-3-3): Tomas Vaclik; Jesus Navas, Diego Carlos, Daniel Carrico, Sergio Reguilon; Ever Benega, Fernando, Oliver Torres (Joan Jordan); Lucas Ocampos, Luuk de Jong (Javier Hernandez), Nolito (Munir El Haddadi)
Pelatih: Julen Lopetegui



Sumber: ANTARA