Logo BeritaSatu

Soal Pernyataan Edy Mulyadi, PKS "Cuci Tangan"

Senin, 24 Januari 2022 | 12:10 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan respons mengenai penyataan mantan Calegnya, Edy Mulyadi yang dituduh oleh sejumlah pihak melakukan penghinaan terhadap masyarakat Kalimantan dan Menteri Pertahanan sekaligus Ketum Gerindra, Prabowo Subianto.

Dugaan penghinaan Edy Mulyadi ini terkait dengan perpindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur.

Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri menegaskan bahwa pernyataan Edy Mulyadi tidak terkait sama sekali dengan PKS. Edy, kata Mabruri, tidak aktif lagi sebagai pengurus partai di level manapun.

“Edy Mulyadi memang pernah menjadi caleg PKS tetapi setelah proses pemilu usai hingga kini yang bersangkutan tidak aktif di struktur level manapun dan bukan pejabat struktur PKS,” ujar Mabruri dalam keterangannya, Senin (24/1/2022).

Mabruri menegaskan, penyataan Edy Mulyadi tidak mewakil sikap partai. Menurut dia, sikap resmi PKS disampaikan oleh Juru Bicara Resmi DPP PKS dan juga Anggota Fraksi PKS DPR RI sesuai dengan tupoksi dan bidang.

“Sama sekali tidak ada kaitan PKS dengan pernyataan yang bersangkutan (Edy Mulyadi). Sikap resmi PKS bisa dilihat secara utuh di website dan media sosial resmi PKS,” tandas dia.

Lebih lanjut, Mabruri menuturkan sikap resmi PKS terhadap pemindahan IKN disampaikan dalam forum-forum yang konstitusional oleh Fraksi PKS sesuai tugas dan wewenang Anggota DPR RI. Dia menandaskan, penolakan PKS dilakukan secara konstitusional.

"Penolakan PKS terhadap pemindahan IKN dilakukan dalam ruang konstitusi, dijamin oleh Undang-undang sehingga sikap penolakan PKS di DPR adalah langkah yang konstitusional dengan argumentasi yang amat rasional,” jelas dia.

PKS, kata Mabruri, merupakan partai penyeimbang pemerintah. Namun, kata dia, bukan berarti PKS mengambil sikap asal beda dan tanpa penjelasan yang lengkap dan akademis. Hal ini, kata dia, terlihat dari sikap PKS terhadap UU IKN yang disikapi dengan langkah yang sehat dan mempunyai landasan akademik yang kuat.

“Anggota Fraksi PKS juga banyak diundang dalam berbagai forum publik termasuk oleh media dan menginginkan perbincangan soal IKN juga jadi perhatian publik dengan diskusi yang sehat dalam bingkai demokrasi,” pungkas Mabruri.

Diketahui, video pernyataan Edy Mulyadi menjadi viral di media sosial terkait pemindahan IKN ke Kalimantan Timur. Edy menyebut bahwa lokasi IKN tersebut sebagai tak layak karena merupakan tempat jin buang anak dan pasarnya nanti hanya kuntilanak dan genderuwo.

"Bisa memahami gak, ini ada tempat sebuah elit, punya sendiri, yang harganya mahal, punya gedung sendiri, lalu dijual pindah ke tempat jin buang anak," kata Edy Mulyadi dalam potongan video yang ramai di media sosial.

Selain itu, Edy Mulyadi juga menyinggung Prabowo Subianto yang dinilainya tidak mengambil sikap soal pemindahan IKN ke Kalimantan Timur. Menurut Edy, pemindahan IKN tersebut merupakan ancaman kedaulatan bangsa dan Prabowo disebutknya sebagai 'macan yang jadi mengeong'.

"Masa, Menteri Pertahanan gini saja nggak ngerti, sih? Jenderal bintang 3. Macan yang jadi kayak mengeong. Nggak ngerti begini aja. ini bicara soal kedaulatan negara, Bos. Gila. Geblek-nya kelewatan gitu, lho. Ini mereka tinggal semua. Saat dibutuhkan tinggal kasih, siap, selesai nih kita Indonesia," tandas Edy dalam video itu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

WN Latvia Lakukan Skimming, Polisi: Bank Rugi Rp 1,2 Miliar

Polisi berhasil meringkus warga negara Latvia, Eropa Utara, dengan inisial RM (46) terkait modus skimming hingga bank merugi Rp 1,2 miliar

NEWS | 20 Mei 2022

Biden Temui Yoon di Tengah Kekhawatiran tentang Korut

Presiden Joe Biden akan mendarat Korsel dan bertemu dengan Preside Yoon Suk-yeol di tengah kekhawatiran tentang respons Korut.

NEWS | 20 Mei 2022

Polda Metro Jaya Ringkus Pelaku Skimming WN Latvia

Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil meringkus RM (46) seorang warga negara asing (WNA) yang berasal dari Latvia.

NEWS | 20 Mei 2022

Distribusikan Bantuan Bencana, PMI Gandeng Pos Indonesia

PMI menggandeng Pos Indonesia guna mendistribusikan bantuan bencana ke seluruh pelosok Tanah Air.

NEWS | 20 Mei 2022

Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Jokowi menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Bogor untuk membahas DOB Papua.

NEWS | 20 Mei 2022

Demo Buruh Besok, Polisi: Sudah Terima Surat Pemberitahuan

Polisi sudah menerima surat pemberitahuan terkait elemen buruh yang akan menyampaikan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR pada Sabtu (21/5/2022) besok.

NEWS | 20 Mei 2022

Polisi Sudah Terima Surat Pemberitahuan Demo Pendukung UAS

Polisi sudah menerima surat pemberitahuan demo yang akan dilakukan oleh kelompok Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai) yang merupakan massa pendukung UAS

NEWS | 20 Mei 2022

Uni Eropa Dukung Indonesia Terapkan Penerbangan Ramah Lingkungan

Uni Eropa (UE) mendukung Indonesia dalam menerapkan penerbangan yang semakin ramah lingkungan dengan prosedur Navigasi Berbasis Kinerja.

NEWS | 20 Mei 2022

Hari Kebangkitan Nasional Beri Semangat Baru bagi KBPP Polri

Ketua Umum Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPP) Evita Nursanty menilai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) memberikan semangat baru untuk organisasinya.

NEWS | 20 Mei 2022

Tebet Eco Park, Tempat Nyaman untuk Berinteraksi dan Bermain

Tebet Eco Park merupakan ruang terbuka hijau yang nyaman dan luas di tengah di Jakarta untuk berinteraksi dan bermain

NEWS | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
WN Latvia Lakukan Skimming, Polisi: Bank Rugi Rp 1,2 Miliar

WN Latvia Lakukan Skimming, Polisi: Bank Rugi Rp 1,2 Miliar

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings