Logo BeritaSatu

Usul Alternatif Jadwal Pemilu 2024, KPU: 14 Februari

Kamis, 20 Januari 2022 | 17:08 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan agar Pemilu 2024 digelar pada 14 Februari. Komisioner KPU Pramono Ubaid Tantowi mengatakan tanggal tersebut merupakan salah satu alternatif sebagaimana telah disampaikan KPU kepada pimpinan DPR.

Surat itu berisi tentang permohonan diadakannya rapat konsultasi untuk membahas rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilu 2024.

“Dalam surat tersebut, KPU menyampaikan satu alternatif lagi tanggal pemungutan suara Pemilu, yakni 14 Februari 2024,” ujar Pramono dalam keterangannya, Kamis (20/1/2022).

Pramono mengatakan dalam rapat-rapat konsinyering sebelumnya, KPU mengusulkan tiga alternatif tanggal pemungutan suara, yakni 14 Februari, 21 Februari, dan 6 Maret 2024.

“Karena dalam rapat-rapat konsinyering sebelumnya, KPU pernah mengusulkan tiga alternatif, yakni, 14 Februari, 21 Februari, dan 6 Maret 2024,” kata Pramono.

Lebih lanjut, Pramono mengatakan pihaknya juga sudah mendengar pernyataan beberapa pimpinan Komisi II DPR di media bahwa rapat konsultasi akan diselenggarakan pekan depan. Menurutnya, KPU mengapresiasi hal tersebut. Sebab, dalam surat ke pimpinan DPR, ucapnya, KPU memang berharap pembahasan tahapan pemilu dapat dilaksanakan dalam masa persidangan III.

“KPU berharap tahapan pemilu segera diputuskan agar KPU memiliki kepastian untuk melaksanakan langkah-langkah persiapan, baik perencanaan anggaran, penguatan infrastruktur teknologi informasi, penyiapan regulasi (peraturan-peraturan KPU), maupun sosialisasi tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik,” tutur Pramono.

Surat untuk pimpinan DPR tentang permintaan konsultasi telah dikirimkan pada Rabu (19/1/2022). “Kami semalam mengirimkan surat tersebut secara online, dan hari ini kami telah susulkan salinan fisiknya secara langsung ke sekretariat DPR RI,” demikian Pramono.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketua MK Anwar Usman dan Idayati Dapat KTP Elektronik Baru

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati menerima kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP baru.

NEWS | 26 Mei 2022

7 Kuli Bangunan di Bogor Tersambar Petir, 2 Tewas

Dua dari 7 kuli bangunan proyek perumahan di wilayah Tenjo, Kabupaten Bogor, tewas tersambar petir saat berteduh ketika hujan deras

NEWS | 26 Mei 2022

167 Juta Orang Telah Terima Vaksinasi Dosis Lengkap

Capaian vaksinasi Covid-19 dosis lengkap di Indonesia hingga hari ini, Kamis (25/5/2022), telah mencapai 167.156.856 dosis suntikan.

NEWS | 26 Mei 2022

Para Tamu Ucapkan Selamat kepada Ketua MK dan Idayati

Ketua MK Anwar Usman telah sah menikahi adik Presiden Jokowi, Idayati, di Graha Sabha Buana, Solo, Kamis (26/5/2022), dan para tamu memberikan ucapan selamat

NEWS | 26 Mei 2022

Jokowi Kunjungi Seniman di Taman Balekambang Solo

Saat berkunjung ke Taman Balekambang, Solo, Presiden Jokowi mengajak para seniman untuk bangkit dari pandemi. 

NEWS | 26 Mei 2022

Serangan Ransomware Ganggu Penerbangan Maskapai India

Serangan ransomware telah mengganggu penerbangan maskapai berbujet murah di India, SpiceJet dengan pembatalan atau penundaan penerbangan.

NEWS | 26 Mei 2022

Marcos Jr Pertahankan Kesinambungan Kebijakan Ekonomi Filipina

Presiden terpilih Filipina Ferdinand Marcos Jr memberikan indikasi kuat bahwa ia akan mempertahankan kesinambungan kebijakan ekonomi.

NEWS | 26 Mei 2022

Blusukan ke Pasar-pasar di Solo, Jokowi Salurkan Bansos

Dalam kunjungan kerja ke Kota Surakarta, Presiden Jokowi blusukan ke sejumlah pasar dan membagikan bansos untuk para pedagang di sana

NEWS | 26 Mei 2022

14 Sapi Terpapar PMK, Pasar Hewan Jonggol Bogor Lockdown

14 ekor sapi di Kabupaten Bogor terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK). Untuk itu, Pasar Hewan Jonggol Bogor ditutup atau lockdown selama dua pekan.

NEWS | 26 Mei 2022

Bertemu Presiden Majelis Umum PBB, Puan Singgung UU TPKS

Saat bertemu Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid, Ketua DPR Puan Maharani menyinggung UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS)

NEWS | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Letakkan Pancasila Sebagai Nilai Dasar dan Universal

Letakkan Pancasila Sebagai Nilai Dasar dan Universal

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings