Logo BeritaSatu

Arteria Dahlan Pasrah Terima Sanksi dari PDIP

Kamis, 20 Januari 2022 | 16:31 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan mengaku pasrah menerima sanksi dari partai atas pernyataannya saat Raker Komisi III dengan Kejaksaan Agung di DPR pada Senin (17/1/2022) lalu. Selain siap menerima sanksi dari partai, Arteria juga sudah menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Jawa Barat atas pernyataannya tersebut.

"Saya menyerahkan sepenuhnya kepada DPP Partai. Sebagai kader partai saya siap menerima sanksi yang diberikan partai," ujar Arteria usai memberikan klarifikasi kepada DPP Partai di Kantor DPP PDIP, Menteng, Kamis (20/1/2022).

Klarifikasi dan permintaan maaf Arteria disampaikannya saat diterima oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun.

Arteria mengaku akan belajar dari persoalan tersebut dan berjanji akan memperbaiki komunikasinya ke depan. "Saya belajar dari persoalan ini, dan terima kasih atas seluruh kritik yang diberikan ke saya, pastinya akan menjadi masukan bagi saya untuk berbuat lebih baik lagi,” ungkap Arteria.

Lebih lanjut Arteria mengatakan dirinya akan lebih fokus memperjuangkan keadilan masyarakat secara silent, tetapi mencapai sasaran penegakan hukum.

"Saya sendiri akan lebih fokus didalam memperjuangkan keadilan bagi masyarakat, khususnya di dalam memerangi mafia narkoba, mafia tanah, mafia tambang, mafia pupuk, mafia pelabuhan/bandara/laut, mafia pangan dan BBM, dan berbagai upaya penegakkan hukum lainnya. Saya akan lebih bekerja secara silent tetapi mencapai sasaran penegakan hukum," pungkas Arteria.

Sebelumnya, Arteria Dahlan menyampaikan laporan terkait adanya kepala kejaksaan tinggi (kajati) yang berbicara dengan berbahasa Sunda di suatu forum rapat. Dia meminta agar kajati tersebut diganti.

“Ada kajati dalam rapat, dalam raker (rapat kerja), itu ngomong pakai bahasa Sunda. Ganti Pak,” kata Arteria saat rapat kerja dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Arteria kemudian telah mengklarifikasi pernyataan bukan untuk mendiskreditkan masyarakat Sunda. Dia mengatakan bahwa pernyataan tersebut dalam konteks memastikan kejaksaan melakukan rekrutmen termasuk promosi, mutasi dan demosi dilakukan secara objektif.

“(Pernyataan) Ini bagian dari komitmen kami, DPR, Komisi III, bersama dengan teman-teman di kejaksaan ingin meyakinkan tidak ada ‘Sunda Empire’ di kejaksaan. Bahwa mereka terpilih karena punya kompetensi, integritas, kapasitas, dan kapabilitas sebagai pemilik-pemilik atau pemegang-pemegang jabatan strategis di kejaksaan,” kata dia.

Perlu Sanksi Tegas

Salah satu yang mengecam keras pernyataan Arteria adalah Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus. Menurut dia, Arteria lagi-lagi membuat kegaduhan yang menyentuh wilayah SARA dan melecehkan konstitusi khususnya Pasal 32 ayat (2) UUD 1945 yang menyebutkan negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.

"Sebagai Anggota DPR RI, pengemban fungsi representasi rakyat dengan hak-hak tradisionalnya sebagai kekayaan budaya nasional termasuk bahasa daerah, mestinya Arteria Dahlan tahu dan paham akan makna filosofis, sosiologis dan yuridis yang terkandung di dalam Pasal 32 ayat (2) UUD 1945," jelas Petrus.

Petrus menegaskan konstitusi telah memberi keleluasaan kepada setiap orang warga masyarakat untuk mengembangkan dan melestarikan bahasa daerahnya sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa yang harus dihormati. Karena, kata Petrus, tidak ada yang salah dari seorang Kepala Kejaksaan Tinggi, ketika berbahasa Sunda dalam sebuah forum resmi maupun tidak resmi di hadapan siapapun rakyat Indonesia.

"Alasannya, karena penghormatan dan pemeliharaan terhadap bahasa daerah sebagai suatu kekayaan budaya nasional, wajib hukumnya untuk dihormati dan dipelihara, tidak hanya oleh masyarakat pemilik bahasa daerah yang bersangkutan, tetapi juga oleh setiap warga negara termasuk negara pun dituntut untuk menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional," ungkap Petrus.

Menurut Petrus, tindakan dan pernyataan Arteria Dahlan yang melakukan hal-hal yang bersifat kontraproduktif bisa berdampak buruk dan menimbulkan daya rusak bagi PDIP. Pasalnya, PDIP merupakan partai yang selalu menjunjung tinggi ajaran Trisakti Bung Karno, antara lain "berkepribadian dalam kebudayaan".

"Karena itu sulit diterima akal sehat, jika seorang Arteria Dahlan menamakan diri kader PDIP, tetapi serta merta secara sadar mengkhianati ajaran Trisakti Bung Karno, soal berkepribadian dalam kebudayaan, mengkhianati UUD 1945 dan dan mengkhianati doktrin-doktrin kaderisasi PDIP yang seharusnya dikembangkan secara merata," tandas dia.

Arteria Dahlan, kata dia, seharusnya sadar bahwa bahasa Sunda selain sebagai bagian dari kebudayaan itu sendiri, tetapi juga bahasanya sebuah komunitas besar. Dia mengatakan, jumlah pengguna bahasa Sunda di Jawa Barat sekitar 49 juta rakyat, pengguna bahasa Sunda di Banten sekitar 10 juta penduduk, dan di Jakarta kurang lebih 5 juta pengguna bahasa Sunda.

"Apa yang salah dengan bahasa dan masyarakat Sunda, tentu tidak ada yang salah, yang salah adalah Arteria Dahlan yang sering memproduksi narasi yang mengganggu kohesivitas masyarakat yang pada gilirannya akan mengganggu keharmonisan warga yang beragam," terang dia.

Karena itu, lanjut Petrus, PDIP tidak boleh anggap remeh dengan perilaku Arteria Dahlan. Pasalnya, bukan hanya sekali atau dua kali membuat gaduh di publik, tetapi sudah berkali-kali apalagi soal bahasa Sunda sudah masuk wilayah SARA.

"Ini jelas mengganggu kohesivitas sosial dan mencoreng wajah partai, apalagi terkait bahasa Sunda yang dilecehkan, tentu akan ada konsekuensi budaya, politik dan sosiologis, karenanya lebih baik me-recall seorang Arteria Dahlan sekarang. PDIP akan kehilangan simpati dari masyarakat Sunda, Jawa Barat, Banten dan sebagian Jakarta serta pencinta budaya dan kearifan lokal di manapun di Indonesia," pungkas Petrus.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 26 Mei 2022

Infografik positivity rate Covid-19 sampai 26 Mei 2022.

NEWS | 26 Mei 2022

Data Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi pada 26 Mei 2022

Infografik kesembuhan Covid-19 terendah tingkat provinsi pada 26 Mei 2022.

NEWS | 26 Mei 2022

Data Kasus Positif dan Kematian Covid-19 sampai 26 Mei 2022

Infografik kasus positif dan kematian Covid-19 sampai 26 Mei 2022.

NEWS | 26 Mei 2022

Data Kematian Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 26 Mei 2022

Infografik kematian tertinggi Covid-19 tingkat provinsi pada 26 Mei 2022.

NEWS | 26 Mei 2022

Benny K Harman Bantah Tampar Karyawan Restoran di Labuan Bajo

Politikus Partai Demokrat Benny K Harman membantah menganiayaan karyawan restoran di Labuan Bajo, NTT. Begini klarifikasinya. 

NEWS | 26 Mei 2022

Ketua MK Anwar Usman dan Idayati Dapat KTP Elektronik Baru

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati menerima kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP baru.

NEWS | 26 Mei 2022

7 Kuli Bangunan di Bogor Tersambar Petir, 2 Tewas

Dua dari 7 kuli bangunan proyek perumahan di wilayah Tenjo, Kabupaten Bogor, tewas tersambar petir saat berteduh ketika hujan deras

NEWS | 26 Mei 2022

167 Juta Orang Telah Terima Vaksinasi Dosis Lengkap

Capaian vaksinasi Covid-19 dosis lengkap di Indonesia hingga hari ini, Kamis (25/5/2022), telah mencapai 167.156.856 dosis suntikan.

NEWS | 26 Mei 2022

Sejumlah Petinggi Negara Ucapkan Selamat pada Ketua MK dan Idayati

Sejumlah petinggi negara memberikan ucapan selamat kepada Ketua MK Anwar Usman dan Idayati

NEWS | 26 Mei 2022

Jokowi Kunjungi Seniman di Taman Balekambang Solo

Saat berkunjung ke Taman Balekambang, Solo, Presiden Jokowi mengajak para seniman untuk bangkit dari pandemi. 

NEWS | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jepang Buka Kembali Negaranya untuk Turis dari 36 Negara

Jepang Buka Kembali Negaranya untuk Turis dari 36 Negara

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings