Logo BeritaSatu

Kepala Otorita IKN Nusantara Dipilih Presiden Tanpa Fit and Proper Test

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:44 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Pansus Ibu Kota Negara (IKN) Ahmad Doli Kurnia Tandjung menegaskan kepala otorita IKN Nusantara dipilih dan ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah melakukan konsultasi dengan DPR. Namun untuk periode pertama, kata Doli, Presiden Jokowi tidak harus berkonsultasi dengan DPR karena dalam UU IKN, kepala otorita IKN Nusantara harus sudah ada paling lambat dua bulan setelah UU IKN disahkan.

Doli menegaskan, pemilihan dan penunjukkan langsung oleh presiden ini tidak perlu melalui mekanisme fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan.

Nggak ada (fit and proper test), kan di dalam UU itu diatur bahwa pengangkatan ketua dan wakil ketua otorita itu adalah sepenuhnya dilakukan presiden setelah dikonsultasikan kepada DPR,” ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Menurut Doli, kriteria utama dari kepala otorita IKN Nusantara harus mengetahui betul visi dan misi Presiden Jokowi, pemerintah dan DPR tentang penting pemindahan IKN ini. Selain itu, kata dia, kepala otorita IKN Nusantara setidaknya mempunyai pengalaman di dunia urban planning, planalogi, pemahaman tentang berinovasi mencari skema-skema pembiayaan dan harus berintegritas.

“Saya juga melihat penting adanya sinergi antara pemerintah dengan pihak swasta. Jadi, mungkin itu kombinasi-lah ya antara orang yang mewakili pemerintah atau yang mempunyai pengalaman birokrasi juga atau swasta,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Doli mengatakan tidak ada kriteria yang membatasi presiden untuk memilih dan menunjuk kepala otorita IKN Nusantara. Kepala otorita, tutur dia, bisa siapa saja, tidak harus berasal dari parpol atau harus berlatar belakang PNS.

Nggak ada di UU diatur khusus apakah boleh atau tidak (orang) parpol atau ASN, bebas saja karena ditetapkan dan diangkat oleh presiden (setelah) dikonsultasikan di DPR. Posisinya setingkat dengan menteri,” kata Doli.

Dalam draf UU IKN disebutkan, kepala otorita IKN Nusantara merupakan kepala pemerintah daerah khusus IKN Nusantara yang berkedudukan setingkat menteri, ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan oleh presiden setelah berkonsultasi dengan DPR.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan Presiden Joko Widodo sudah mengantongi nama sosok yang bakal menjadi kepala otorita IKN di Kalimantan Timur.

"Mengenai siapa yang akan ditunjuk oleh presiden ya bisa ditanya ke presiden, ada di kantongnya beliau," kata Suharso Monoarfa, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Suharso mengaku tidak mengetahui siapa sosok yang akan dipercaya Presiden Jokowi untuk menjadi kepala otorita IKN tersebut. Namun, dia percaya pilihan Presiden Jokowi merupakan pilihan yang tepat untuk menjalankan roda pemerintahan di IKN baru.

"Saya tidak tahu tapi tentu pasti pilihannya pilihan orang yang tepat untuk itu," ungkap Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Presiden Jokowi juga sudah menyebutkan empat nama yang berpeluang menjadi kepala otorita IKN, yakni Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok; Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Abdullah Azwar Anas; mantan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro; dan mantan Direktur Utama PT Wijaya Karya Tumiyana.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kementan Ajak Petani Tingkatkan Produktivitas Tanaman Cabai

Peningkatan produktivitas tanaman cabai turut menjadi menjadi perhatian Kementerian Pertanian (Kementan).

NEWS | 23 Mei 2022

Kapal Feri Cepat di Filipina Terbakar, 7 Orang Tewas

Kapal feri cepat di Filipina yang membawa 134 penumpang terbakar pada Senin (23/5/2022), yang menewaskan tujun (7) orang penumpang.

NEWS | 23 Mei 2022

Kolonel Pengawal Revolusi Iran Tewas, Agen Israel Ditangkap

Perwira Pengawal Revolusi Iran berpangkat kolonel tewas dibunuh di Teheran, yang diduga melibatkan agen Israel yang ditangkap.

NEWS | 23 Mei 2022

Tiongkok Disebut Banyak Penjarakan Etnis Uighurdi Xinjiang

Berdasarkan dokumen yang diverifikasi oleh Associated Press, Tiongkok memenjarakan lebih dari 10.000 nama orang Uighur.

NEWS | 23 Mei 2022

Cemindo Gemilang Luncurkan Inovasi Semen Anti-Lembab

PT Cemindo Gemilang Tbk (Perseroan) meluncurkan Semen Merah Putih Watershield dengan keunggulan, yaitu anti-lembab, mencegah karat dan korosi.

NEWS | 23 Mei 2022

Temuan 26 Kasus, 5.000 Warga Beijing Dikirim ke Pusat Karantina

5.000 warga Kota Beijing, Tiongkok, dikirim ke pusat karantina terpadu setelah ditemukan 26 kasus positif Covid-19.

NEWS | 23 Mei 2022

Anthony Albanese Dilantik Menjadi PM Ke-31 Australia

emimpin Partai Buruh, Anthony Albanese, pada Senin (23/5/2022) dilantik sebagai perdana menteri (PM) ke-31 Australia.

NEWS | 23 Mei 2022

KPK Kembali Tegaskan Tidak Berhenti Buru Harun Masiku

KPK berkomitmen dalam menuntaskan tiap perkara korupsi yang tengah ditangani oleh lembaga anti rasuah itu, termasuk menangkap Harun Masiku. 

NEWS | 23 Mei 2022

Mulai Hari Ini, Dani Ramdan Kembali Pimpin Kabupaten Bekasi

Dani Ramdan akan dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bekasi pada Senin 23 Mei 2022 di Bekasi, Jawa Barat.

NEWS | 23 Mei 2022

Moeldoko Jamin Keluhan Publik Pasti Ditindaklanjuti

Moeldoko menjamin bahwa seluruh pengaduan dari masyarakat mengenai kebijakan publik pasti akan ditindaklanjuti.

NEWS | 23 Mei 2022


TAG POPULER

# Timnas Basket


# SEA Games


# Ganjar Pranowo


# Kapal Drone


# Jokowi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kementan Ajak Petani Tingkatkan Produktivitas Tanaman Cabai

Kementan Ajak Petani Tingkatkan Produktivitas Tanaman Cabai

NEWS | 16 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings