Logo BeritaSatu

Legislator OptimistisHolding BUMN Pariwisata Optimalkan Potensi Indonesia

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:03 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi optimistis Holding BUMN Pariwisata mampu mengoptimalkan semua potensi yang ada di BUMN.

Seperti diketahui Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen mewujudkan megaekosistem pariwisata Indonesia dengan harapan agar perekonomian negara semakin meningkat dan jadi lokomotif kebangkitan pariwisata Indonesia. Komitmen itu diwujudkan lewat HoldingBUMN Pariwisata dan pendukung yang bernama Indonesia Journey (InJourney).

Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mendukung penuh langkah pemerintah lewat Menteri BUMN Erick Thohir mengintegrasikan BUMN sektor pariwisata, dan pendukung. Hal ini sangat baik karena mengoptimalkan semua potensi yang ada di BUMN.

"Menurut saya, Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung ini sangat baik karena mengintegrasikan semua unit usaha di BUMN," kata Intan melalui keterangan tertulis, Selasa (18/1/2022).

Saat ini InJourney menjadi Holding BUMN pertama yang bersifat ekosistem dari multisektor dan merupakan ekosistem pariwisata terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara.

InJourney meliputi seluruh BUMN yang terkait dengan industri pariwisata dan pendukung, mulai dari bandara, hotel, hingga destinasi wisata yang terintegrasi dan terkonsolidasi dari pemerintah pusat, daerah, swasta sampai menyentuh masyarakat.

Ketua Umum Perempuan Amanat Nasional (PUAN) itu menyatakan, langkah Erick Thohir menggabungkan beberapa BUMN pariwisata dan pendukung secara langsung akan memadukan kinerja sektor pariwisata. Namun, ia mengingatkan agar kinerja sektor pariwisata dan pendukung ini dilakukan secara integratif dari hulu sampai hilir.

Holding BUMN sektor ini terdiri dari PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, PT Prambanan dan Ratu Boko (Persero) (TWC) dan PT Sarinah (Persero). PT Sarinah misalnya, ditekankan Intan bisa lebih fokus dan efektif dalam menggarap sektor UMKM untuk mendukung pariwisata.

"Modalitas sektor pariwisata kita bisa menjadi lebih kuat dengan adanya integrasi BUMN. Apalagi kita kan mempunyai banyak destinasi wisata," jelas Intan.

Bandara yang infrastrukturnya dalam beberapa tahun terakhir menjadi prioritas pemerintah diharapkan juga akan termanfaatkan dari aspek penerbangannya. Berikut ribuan hotel dan UMKM yang selama pandemi terdampak secara signifikan dan destinasi wisata itu sendiri.

"Omicron ini periodenya, mudah-mudahan tidak terjadi lama, mudah-mudahan singkat. Itu otomatis, mau tidak mau kita harus bersiap diri. Terlebih misalnya dalam waktu dekat ada event besar di Mandalika pada bulan Maret," jelas Anggota Fraksi PAN itu.

Gelaran balap MotoGP Indonesia yang digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, tahun 2022 menjadi pertaruhan awal dari integrasi BUMN sektor pariwisata dan pendukung. Bukan hanya bagi wisatawan lokal, tetapi juga bagi wisatawan asing. Hal ini seperti diinginkan Komisi VI DPR, bahwa destinasi wisata selayaknya bukan hanya menargetkan pangsa lokal, namun juga pangsa pasar asing.

"Saya optimistis, pembentukan Holding BUMN ini kalau dikelola secara optimal, akan berdampak positif bagi pemulihan ekonomi secara signifikan," jelas Anggota legislatif dari Dapil Jabar VI meliputi Kota Depok dan Kota Bekasi tersebut.

"Sekarang, kalau bicara hotel, semua sudah booking full. Jauh-jauh hari sudah penuh. Kalau event-event internasional jadi agenda rutin dan terus digelar, maka secara langsung berdampak bagi pemulihan ekonomi sektor pariwisata, penerbangan, dan ekonomi kreatif. Tetapi jangan lupa, banyak juga destinasi wisata lain ada Borobudor di Magelang, ada Bali, dan daerah lainnya," sambung Intan.

Sekedar diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan InJourney yang merupakan nama besar dari Holding BUMN Pariwisata. Dipimpin PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), holdingtahap satu yang secara resmi terbentuk pada Oktober 2021 itu beranggotakan enam perusahaan pelat merah.

Keenamnya adalah PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), dan PT Sarinah (Persero). Presiden mengatakan pembentukan holding ini akan menjadi titik balik transformasi ekosistem pariwisata yang lebih baik.

"Kita harus memanfaatkan ini sebagai titik balik untuk melakukan sebuah lompatan, momentum untuk melakukan penataan, momentum untuk melakukan transformasi, membangun sebuah ekosistem yang lebih kuat dan tangguh," ujar Jokowi, Kamis (13/1/2022).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pekan Ini Mobil Formula E Bakal Dipamerkan di Bundaran HI

Panitia penyelenggara ajang balapan Formula E Jakarta berencana memamerkan mobil balap bertenaga listrik tersebut di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakpus

NEWS | 26 Mei 2022

Jepang Buka Kembali Negaranya untuk Turis dari 36 Negara

Jepang mengumumkan pada hari Kamis (26/5/2022) kembali membuka negaranya untuk turis dari 36 negara mulai 10 Juni mendatang.

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia: Iklan Bir di Formula E Jakarta Sponsor Global FEO

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menyebut iklan bir pada ajang balap mobil listrik di Ancol itu merupakan sponsor global Formula E Operation (FEO).

NEWS | 26 Mei 2022

Hepatitis Akut Dapat Dicegah, Waspadai Gejala Awal Ini

Penyakit hepatitis akut yang juga sudah menyebar ke Indonesia hingga kini memang masih belum diketahui penyebabnya.

NEWS | 26 Mei 2022

Flash Coffee Suarakan Manfaat Cloud Computing bagi Kemajuan Usaha

Flash Coffee suarakan manfaat cloud computing bagi kemajuan usaha seiring mendapatkan segudang manfaat

NEWS | 26 Mei 2022

Data Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 26 Mei 2022

Data pergerakan kasus positif dan kematian harian Covid-19 di Jakarta sampai 26 Mei 2022.

NEWS | 26 Mei 2022

Satgas: Pekan Depan Harga Migor di Bogor Sesuai HET

Satgas Pengawasan Harga Minyak Goreng Kota Bogor menargetkan harga minyak goreng (migor) di pasaran di Kota Bogor akan sesuai HET pada pekan depan

NEWS | 26 Mei 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 26 Mei 2022

Infografik penerima vaksin Covid-19 sampai 26 Mei 2022.

NEWS | 26 Mei 2022

Sahroni: Tiket Termurah Formula E Terjual 45 Persen

Panitia Formula E Jakarta menyebutkan, hingga saat ini penjualan tiket termurah yakni Ancol Festival dan Circuit Festival mencapai 45 persen.

NEWS | 26 Mei 2022

Hadapi Cacar Monyet, Inggris Beli 20.000 Dosis Vaksin

Menghadapi cacar monyet, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan, telah membeli lebih dari 20.000 dosis vaksin.

NEWS | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jepang Buka Kembali Negaranya untuk Turis dari 36 Negara

Jepang Buka Kembali Negaranya untuk Turis dari 36 Negara

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings