Politikus PSI Dorong Pemerintah Gencarkan Kampanye Protokol Kesehatan

Politikus PSI Dorong Pemerintah Gencarkan Kampanye Protokol Kesehatan
Isyana Bagoes Oka (Foto: Istimewa)
Markus Junianto Sihaloho / CAR Jumat, 10 Juli 2020 | 15:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Isyana Bagus Oka meminta pemerintah terus menggencarkan kampanye soal protokol kesehatan terkait penerapan new normal atau normal baru menyusul melonjaknya kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Isyana menyatakan pihaknya mendukung penerapan era new normal yang dicanangkan pemerintah. Sebab rakyat harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup yang semakin sulit.

“Tapi, kita menyaksikan jumlah kasus per 9 Juli melonjak sebanyak 2657 kasus baru, maka urusan penerapan protokol kesehatan harus sangat serius, harus terus disosialisasikan lebih gencar kepada publik,” Isyana dalam keterangan tertulis, Jumat (10/7/2020).

Menurut mantan presenter tersebut, sedikit saja masyarakat lengah soal protokol kesehatan, angka positif Covid-19 akan meningkat kembali. Menurutnya masyarakat tentu saja tidak akan mau kembali ke masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

PSI juga berharap agar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan pemerintah daerah (pemda) meningkatkan pengawasan dan penegakan protokol kesehatan. Menurutnya, aparat pemda sepatutnya mengerahkan seluruh sumber daya yang ada.

“Awasi dengan ketat perilaku masyarakat. Saatnya dimulai penerapan sanksi tegas. Siapa yang tidak patuh diganjar hukuman yang sesuai, karena untuk urusan segenting pandemi ini, tidak bisa sepenuhnya mengharapkan kesadaran pribadi. Harus dibantu tekanan dari ranah hukum,” tegas Isyana.



Sumber: BeritaSatu.com