Viral Video DPRD Kota Cirebon, Gerindra: Sumpah Kesetiaan Khusus Tidak Diperlukan

Viral Video DPRD Kota Cirebon, Gerindra: Sumpah Kesetiaan Khusus Tidak Diperlukan
Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati. (Foto: DPRD Kota Cirebon)
Yeremia Sukoyo / YUD Jumat, 10 Juli 2020 | 19:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Gerindra tidak mau ambil pusing terkait beredarnya video tentang pembacaan sumpah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dilakukan di dalam Gedung DPRD Kota Cirebon.

Juru Bicara Partai Gerindra Habiburokhman menilai, sumpah kesetiaan NKRI yang dibacakan Anggota DPRD Kota Cirebon, secara khusus sesungguhnya tidak diperlukan.

"Sumpah kesetiaan secara khusus gak perlu, karena anggota DPRD Kab/Kota sudah mengucapkan sumpah jabatan pada saat pelantikan sebagaimana diatur Pasal 369 UU MPR, DPR, DPD dan DPRD," kata Habiburokhman, ketika dimintai tanggapannya, di Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Menurutnya, isi sumpah jabatan tersebut secara umum telah tercantum kesetiaan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

"Saat ini tugas mereka amalkan saja sebaik-baiknya sumpah jabatan tersebut. Gak perlu narasi tambahan yang tidak diatur UU," ujarnya.

Dalam video berdurasi 2 menit dan 3 detik itu, diduga anggota DPRD Kota Cirebon mengikuti pembacaan sumpah setia NKRI yang dibacakan ketua DPRD. Namun belakangan, dalam pembacaan sumpah tersebut akhirnya mendapat interupsi dari anggota yang hadir karena memasukan kata-kata khilafah.



Sumber: BeritaSatu.com