Logo BeritaSatu

Daerah Diminta Segera Cairkan Anggaran Pilkada

Rabu, 24 Juni 2020 | 21:48 WIB
Oleh : Robert Wardy / WM


Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian meminta 270 daerah yang melaksanakan pilkada agar segera mencairkan sisa anggaran pilkada. Hal itu sangat penting agar pilkada tanggal 9 Desember 2020 bisa berjalan lancar dan sukses.

"Mohon kepada rekan-rekan kepala daerah, sisa anggaran yang sudah dihibahkan dalam naskah perjanjian, yang sudah dijanjikan untuk dihibahkan dalam naskah perjanjian dicairkan kepada KPUD dan Bawaslu daerah. Supaya mereka memiliki kepastian adanya dukungan anggaran. Dengan begitu mereka bisa menggulirkan kegiatannya," kata Tito dalam acara Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada Serentak yang digelar lewat video conference di rapat Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) di Jakarta, Rabu (24/6/2020). Rapat koordinasi dihadiri seluruh kepala daerah baik gubernur, bupati, atau wali kota dari daerah yang akan menggelar pilkada pada tahun 2020.

Tito menjelaskan, tahapan pilkada sudah mulai dan bersentuhan dengan Covid 19. Cara untuk menghadapi wabah tersebut adalah dengan penerapan protokol kesehatan berupa pemakaian masker, hand sanitizer, sarung tangan, dan sebagainya. Berbagai peralatan kesehatan itu tidak akan tersedia jika dukungan anggaran tidak diberikan.

"Untuk melindungi penyelenggara, petugas pengaman maupun masyarakat pemilih, KPU sudah menyampaikan daftar barang-barang yang harus diadakan. Mereka harus menggunakan APD, thermometer, masker, hand sanitizer, sarung tangan dan lain-lain. Sehingga total kebutuhan untuk TPS (Tempat Pemungutan Suara) tambahan dan alat-alat perlindungan dari Covid, baik untuk penyelenggara, pengamanan maupun para pemilih nantinya butuh anggaran," jelas Tito yang merupakan mantan Kapolri.

Dia menegaskan KPU dan Bawaslu meminta agar petugas-petugas mereka terlindungi dari Covid-19. Penggunaan perlengkapan kesehatan seharusnya sudah mulai tanggal 18 Juni lalu saat pelantikan petugas pemutakhiran. Kemudian masa kritisnya mulai hari ini (24/6/2020) saat mulai dilaksanakan verfikasi faktual calon perseorangan.

“KPUD dan Bawaslu Daerah sudah turun hari ini, terutama daerah-daerah yang memiliki calon perorangan. Mereka door to door bergerak. Mereka harus dilindungi dengan peralatan-peralatan kesehatan. Tanggal 15 Juli nanti, tidak boleh tidak mereka harus betul-betul diberikan alat perlindungan. Karena tanggal 15 Juli kegiatannya lebih massif, pemutakhiran data pemilih door to door,” kata Tito.

Dia menyebut untuk verifikasi calon perorangan, memang jumlahnya petugas KPUD dan Bawaslu tidak menyentuh semua pemilih. Verifikasi hanya untuk calon pemilih yang mendukung perorangan. Kemudian tidak semua daerah ada calon perorangan. Namun kegiatan pemutakhiran semua bergerak di daerah masing-masing dan petugas yang berkerja wajib dilengkapi dengan alat perlindungan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

5 Warga Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Kota Baru Kalsel

Sebanyak lima warga meninggal dunia dalam bencana tanah longsor yang melanda Desa Buluh Kuning, Kecamatan Sei Durian, Kabupaten Kota Baru, Kalsel.

NEWS | 27 September 2022

Global Forum AMM G-20 Akan Bahas Pertanian Digital

AMM G-20 akan dibuka dengan sesi Global Forum yang secara khusus akan membahas pertanian digital.

NEWS | 26 September 2022

BNPP Susun Rencana Aksi Eks OBP Sungai Simantipal

Menurut BNPP, OBP untuk wilayah/segmen batas negara RI-Malaysia di Sungai Simantipal dan C500-C600 dinyatakan berakhir.

NEWS | 26 September 2022

Kasus Brigadir J,AKBP Raindra Ramadhan SyahJalani Sidang Etik Hari Ini

Eks Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah menjalani sidang etik terkait kasus Brigadir J pada hari ini, Selasa (27/9/2022).

NEWS | 27 September 2022

Lukas Enembe Klaim Hanya Kelola 20% Dana Otsus Papua

Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening menyatakan, pihak Pemprov Papua hanya mengelola 20% dari total dana otsus yang diberikan.

NEWS | 27 September 2022

Warga Afghanistan Sukarela Serahkan Ratusan Pucuk Senjata Api

Pasukan keamanan Afghanistan telah mengumpulkan ratusan senjata ketika penduduk setempat dengan sukarela menyerahkan senjata dan amunisi.

NEWS | 27 September 2022

Dijatuhi Sanksi Demosi 3 Tahun, Ipda Arsyad Daiva Tidak Ajukan Banding

Ipda Arsyad Daiva tidak mengajukan banding atas setelah dijatuhi sanksi demosi tiga tahun buntut kasus tewasnya Brigadir J. 

NEWS | 27 September 2022

Kasus Brigadir J, Ipda Arsyad Daiva Dijatuhi Sanksi Demosi 3 Tahun

Mantan Kasubnit I Unit I Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Ipda Arsyad Daiva Gunawan dijatuhi demosi 3 tahun terkait kasus Brigadir J

NEWS | 27 September 2022

Kontribusi Aktif IRRA dan Oneject dalam Program Imunisasi Anak Sekolah

IRRA dan Oneject berkontribusi dalam program imunisasi anak sekolah dengan mendampingi para nakes yang bertugas di SD Negeri Penjaringan 01.

NEWS | 27 September 2022

Inggris Akan Gandakan Pengeluaran Belanja Militer

Inggris akan melipatgandakan pengeluaran belanjja militer. Menteri Pertahanan Ben Wallace mengutip serangan Rusia di Ukraina.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
10 Bank Jariangan ATM Prima Jadi Peserta BI-Fast Batch IV

10 Bank Jariangan ATM Prima Jadi Peserta BI-Fast Batch IV

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings