Cegah Penyebaran Corona, Nasdem Dukung Karantina Wilayah

Cegah Penyebaran Corona, Nasdem Dukung Karantina Wilayah
Pejalan kaki menyebrang di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu, 29 Maret 2020. (Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao)
Yeremia Sukoyo / WM Minggu, 29 Maret 2020 | 16:49 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Nasdem mendukung dan mempercayakan segala upaya dari pemerintah Joko Widodo (Jokowi) untuk menghentikan penyebaran virus corona di Indonesia. Termasuk rencana karantina wilayah melalui sebuah Peraturan Pemerintah (PP) untuk mengatasi wabah covid-19.

"Yang paling penting segala aspeknya (karantina wilayah) dihitung, detail dan memadai, terukur, serta didasarkan pada situasi lapangan," kata Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya, di Jakarta, Minggu (29/3/2020).

Menurut Willy, adanya PP Karantina Wilayah akan menjadi payung hukum bagi pelaksanaan karantina yang mulai banyak disuarakan dan diinginkan di banyak daerah. Lebih dari itu, PP Karantina juga mesti menjadi panduan agar pelaksanaan karantina menjadi efektif.

"Sebab yang mungkin terjadi dalam karantina adalah pembatasan akses dan gerak dari warga. Oleh karena itu harus ada prasyarat yang harus dipenuhi saat suatu daerah akan dikarantina," ucap Willy.

Namun demikian, ketika karantina wilayah diberlakukan, Nasdem mengingatkan kepada pemerintah untuk dapat menjamin ketersediaan segala macam kebutuhan pokok. Termasuk juga terkait kesiapan petugas dan lain sebagainya.

"Hal-hal yang dilarang untuk dilakukan juga harus jelas. Tidak kalah pentingnya adalah soal kepatuhan warga. Ini juga mesti diantisipasi oleh PP yang tengah dirumuskan," katanya.

Termasuk juga terkait bagaimana caranya agar saat dilaksanakan, masyarakat bisa patuh dengan ketetapan yang ada. Misalnya, ada tenggat menuju waktu pelaksanaan karantina, atau yang lain.

"Intinya jangan sampai pelaksanaan karantina menjadi chaos sosial seperti yang terjadi di India. Segala sesuatunya harus dihitung," tutup Willy.



Sumber: BeritaSatu.com