Pembatalan UN, Komisi X DPR Harap Juknis Segera Keluar

Pembatalan UN, Komisi X DPR Harap Juknis Segera Keluar
Ilustrasi ujian nasional berbasis komputer. (Foto: Antara / Arnas Padda)
Markus Junianto Sihaloho / WM Selasa, 24 Maret 2020 | 15:50 WIB

 

 

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo meniadakan Ujian Nasional tahun ini guna mencegah persebaran virus Covid-19. Namun diharapkan keputusan itu ditindaklanjuti dengan keluarnya Petunjuk Teknis (Juknis) pelaksanaannya.

"Saat ini prioritas kita semua adalah keselamatan masyarakat, terutama anak-anak kita. Jika UN tetap dilaksanakan, potensi penyebarannya besar sekali karena akan banyak orang berkumpul," kata Hetifah, Selasa (24/3/2020).

Menurut pihaknya, evaluasi dan penentuan kelulusan siswa dapat dilakukan dengan cara-cara lainnya. Ada beberapa opsi yakni antara lain ujian tertulis secara online, proyek akhir tahun, nilai rapot sebelumnya, dan lain-lain. Hal ini sebaiknya diserahkan kepada masing-masing sekolah untuk memilih opsi yang paling sesuai dengan keadaan siswanya.

Namun, saat ini banyak anggota masyarakat yang masih bingung terhadap kebijakan baru tersebut. Sebagai anggota dewan, dia mengaku mendapat banyak pertanyaan dari masyarakat mengenai kebijakan baru itu.

"Karena itu Saya harap Kemdikbud segera menerbitkan juknis agar tidak menimbulkan kebingungan lebih lanjut di masyarakat," tegasnya.



Sumber: BeritaSatu.com