Mahfud Tegaskan Belum Ada Perubahan Jadwal Pilkada 2020

Mahfud Tegaskan Belum Ada Perubahan Jadwal Pilkada 2020
Ilustrasi Pilkada 2020. (Foto: Antara)
Robertus Wardi / FER Rabu, 18 Maret 2020 | 18:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menko Polhukam, Mahfud MD, memastikan tidak ada perubahan tahapan dan jadwal Pilkada 2020. Adapun waktu pencoblosan akan tetap dilakukan tanggal 23 September mendatang.

"Ketua KPU meyakinkan kita semua bahwa sampai saat ini tdak ada perubahan jadwal Pilkada 2020. Hanya pola kerja yang diubah," kata Mahfud dalam video yang disebar kepada media di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Baca Juga: Formappi Minta KPU Pertimbangkan Penundaan Pilkada 2020

Mahfud mengatakan hal itu setelah rapat dengan enam lembaga terkait penyelenggaraan pemilu melalui teleconference. Adapun enam lembaga tersebut yakni, KPU, Bawasalu, DKPP, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Panglima TNI dan Kapolri.

Mahfud menegaskan, paparan dari KPU menyebut pola kerja sudah disesuaikan dengan maraknya penyebaran virus corona atau covid-19.

"Misalnya sekarang dilakukan pelantikan PPS tidak harus berkumpul di kantor kabupaten atau kantor walikota, tetapi cukup di kecamatan. Modelnya pun bukan masif tetapi bertahap agar tidak terjadi pertemuan banyak orang," jelasnya.

Baca Juga: KPU Diminta Tinjau Kembali Tahapan Pilkada 2020

"Model lain adalah proses verifikasi faktual untuk calon perseorangan. Biasanya menghadirkan banyak orang, terutama pendukung, tetapi diatur sedemikian rupa sesuai dengan situasi yang diarahkan oleh gugus tugas penanggulangan bencana covid-19," tandas Mahfud.

Mahfud menambahkan, KPU dan Bawaslu selalu koordinasi dengan gugus tugas penanggulangan bencana covid-19. "Hal itu untuk mengetahui perkembangan penyebaran virus corona dari hari ke hari," pungkas Mahfud.



Sumber: BeritaSatu.com