Gantikan Wahyu Setiawan, Raka Sandi Berjanji Profesional

Gantikan Wahyu Setiawan, Raka Sandi Berjanji Profesional
I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Kamis, 27 Februari 2020 | 18:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - DPR RI mengesahkan I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi sebagai Komisioner KPU RI menggantikan Wahyu Setiawan.

Pengesahan itu ditetapkan dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

"Apakah laporan Komisi II DPR tentang penetapan I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dapat disetujui?" kata Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin kepada forum rapat paripurna.

"Setuju," jawab para anggota dewan.

Sementara itu, Raka Sandi mengatakan akan bekerja adil dan profesional sebagai Komisoner KPU RI dalam setiap penyelenggaraan pemilu dan pilkada.

"Saya juga selama bertugas di daerah cukup lama sebagai tim pemeriksa daerah terkait kode etik. Pada prinsipnya penyelenggaraan pemilu yang berintegritas itu disamping aspek hukumnya juga aspek etiknya," kata Raka Sandi usai pengesahan di gedung DPR, Senayan.

"Dalam ketentuan tentang kode etik baik yang dikeluarkan oleh DKPP, Bawaslu dan KPU pada prinsipnya adalah bagaimana kita berlaku adil dan setara terhadap peserta pemilu," imbuh Raka Sandi.

Raka Sandi menggantikan Wahyu Setiawan yang sebelumnya menyatakan mundur usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap penetapan PAW anggota DPR RI 2019-2024.

Wahyu diduga menerima suap dari politikus PDI-Perjuangan Harun Masiku yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Raka Sandi ditetapkan sebagai Komisoner KPU berdasarkan uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU periode 2017-2022. Saat itu, Raka Sandi memperoleh nilai 21 poin.

Raka Sandi sendiri menempati urutan ke-8 dalam hasil seleksi, atau setelah Pramono Ubaid Tanthowi (55 poin), Wahyu Setiawan (55 poin), Ilham Saputra (54 poin), Hasyim Asy'ari (54 poin), Viryan (52 poin), Evi Novida Ginting Manik (48 poin), dan Arief Budiman (30 poin).



Sumber: BeritaSatu TV