Rakyat Rindukan Duet Pasangan Militer-Sipil?

Rakyat Rindukan Duet Pasangan Militer-Sipil?
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, dalam acara rilis survei di Jakarta, Minggu (23/2/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Paath )
Carlos KY Paath / FER Minggu, 23 Februari 2020 | 22:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Calon presiden (capres) berlatar belakang militer dan calon wakil presiden (cawapres) kalangan sipil menjadi favorit masyarakat pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga: Pasangan Militer-Sipil Jadi Favorit di Pilpres 2024

Kombinasi militer-sipil disukai 30,9 persen responden, sipil-sipil 27,9 persen, sipil-militer 15,2 persen, militer-militer 8,5 persen, tidak tahu/tidak menjawab 17,6 persen.

"Penyebutan pasangan militer-sipil sebagai preferensi capres-cawapres 2024 menunjukan bahwa kombinasi ini diprediksi menjadi pilihan masyarakat pada Pilpres 2024," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno dalam acara rilis survei di Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Menurut Adi, ada semacam kerinduan perpaduan militer-sipil setelah dua periode sipil-sipil. Siklus 10 tahunan ini, dinilai menarik untuk dicermati.

Baca Juga: Prabowo Teratas di Survei Capres 2024

"Sepertinya perpaduan militer-sipil ini jadi siklus 10 tahunan. Tapi kita juga memotret bahwa banyak juga preferensi sipil-sipil 27,9 persen,” ujar Adi.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar, Maman Abdurrahman, menyatakan faktor Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto kemungkinan menjadi penyebab keinginan masyarakat dipimpin militer.

"Memang kita melihatnya sosok Prabowo Subianto masih eksis. Jadi militer-sipil ini efek pilpres. Bagi kami ini akan menjadi salah satu catatan awal. Mungkin untuk kita semua,” kata Maman.



Sumber: BeritaSatu.com