Survei Indo Barometer: Prabowo Menteri dengan Kinerja Terbaik

Survei Indo Barometer: Prabowo Menteri dengan Kinerja Terbaik
Hasil Survei Indo Barometer ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Markus Junianto Sihaloho / RSAT Minggu, 16 Februari 2020 | 19:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi menteri yang memeroleh persentase tertinggi untuk kategori 'menteri paling dikenal publik' dan di kategori 'menteri yang kinerjanya bagus' dalam survei Indo Barometer yang dirilis di Jakarta, Minggu (16/2/2020).

Dari hasil survei tersebut, Prabowo  menempati posisi teratas untuk menteri yang kinerjanya  bagus yakni  26,8%, diikuti Sri Mulyani (13,9%), Erick Thohir (12,6%), Mahfud MD (7,3%), Nadiem Makarim (5,2%), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (1,8%), Menteri Pertanian Syahrul Yasin (1,4%), Tito Karnavian (1,4%), Menko PMK Muhadjir Effendy (0,9%), dan Luhut B Panjaitan (0,9%).

Begitu juga untuk menteri yang paling dikenal. Lagi-lagi Prabowo menempati posisi teratas yakni 18,4%, diikuti Menkeu Sri Mulyani  10,6%, 8,2% untuk Menteri BUMN Erick Thohir, Menkopolhukam Mahfud MD (7,9%), Mendikbud Nadiem Makarim (5,3%), Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan (5,2%), Mendagri Tito Karnavian (5%), Kepala KSP Moeldoko (3,2%), Menteri Kelautan dan Perikanan Edy Prabowo (2,5%), serta Seskab Pramono Anung (2,2%).

"Prabowo Subianto jadi menteri paling dikenal publik sebesar 18,4% dan dinilai mempunyai kinerja paling bagus oleh publik," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari.

Qodari mengatakan, survei  dilaksanakan pada 9 -15 Januari 2020 terhadap 1.200 orang responden dari seluruh provinsi di Indonesia yang dipilih secara multistage random sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara tatap muka menggunakan kuesioner, dengan margin of error sebesar 2,83%, dan tingkat kepercayaan 95%.

Sementara itu untuk tingkat kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) meningkat dibanding hasil survei sebelumnya pada periode pertama.

"Dalam 100 hari pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, sebesar 70,1% publik puas atas kerja Presiden Joko Widodo. Yang tidak puas 27,4%," ujar Qodari.

Angka tingkat kepuasan itu  meningkat dibanding hasil survei lembaga yang sama pada Maret 2015, yakni di periode pertama pemerintahan Jokowi. Saat itu, tingkat kepuasan masyarakat sebesar 57,5% berbanding 37,5% yang merasa tidak puas.

Di sisi lain, survei juga menelaah tingkat kepuasan masyarakat atas hasil kinerja wakil presiden. Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Ma'ruf Amin adalah 49,6%, yang tak puas 37,5%. Sebagai perbandingan, atas kinerja Wakil Presiden pada Maret 2015, yakni Jusuf Kalla, tingkat kepuasan atas kinerjanya pada waktu itu adalah 53,3%. Sementara yang tak puas adalah 38,8%.

Kinerja Ma'ruf Amin ini tercatat lebih rendah daripada kepuasan publik terhadap kinerja para menterinya. Ketika para responden ditanyakan kepuasan terhadap kinerja para menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf, hasilnya 54,4% merasa puas. Hanya 28,1% responden merasa tidak puas.

"Biasanya, kecenderungan kepuasan pada menteri berada di bawah wakil presiden," kata Qodari.



Sumber: BeritaSatu.com