Zulkifli Hasan Ketum PAN, Pamor Amien Rais Mulai Hilang

Zulkifli Hasan Ketum PAN, Pamor Amien Rais Mulai Hilang
Amien Rais. ( Foto: Antara )
Hotman Siregar / AB Rabu, 12 Februari 2020 | 17:09 WIB

Jalarta, Beritasatu.com - Zulkifli Hasan (Zulhas) terpilih sebagai ketua umum (ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025. Zulkifli meraih 331 suara, disusul Mulfachri Harahap 225 suara yang didukung pendiri PAN Amien Rais.

Analis politik yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Chaniago mengatakan kalahnya Mulfachri dalam kongres PAN yang ricuh membuktikan pengaruh Amin Rais mulai meredup di PAN

"Kesaktian Pak Amien Rais mulai berkurang. Bisa juga Pak Amien Rais enggak all out untuk Mulfachri dan enggak hadir pada kongres PAN, karena hubungan Pak Amien Rais yang masih dekat dengan Zulhas," katanya di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Pemilihan ketum PAN merupakan pertaruhan bagi Amien Rais untuk membuktikan dirinya masih "sakti" atau tidak lagi menjadi strongman di PAN.

Lebih jauh, Pangi menyatakan kemenangan Zulhas memberi sinyal bahwa PAN akan bergeser menjadi partai publik dan tidak boleh lagi diklaim sebagai parpol milik Amien Rais.

"Ini pertama kalinya jagoan Pak Amien Rais kalah di kongres. Selama ini enggak pernah. Pak Amien sudah kehilangan pamor dan pengaruh di internal PAN. Beliau tidak lagi menjadi sosok elite di PAN setelah Zulhas berhasil mematahkan mitos selama ini bahwa jagoan dan calon ketua umum PAN yang mendapat restu dan dukungan Amien Rais tidak pernah kalah. Kongres PAN kali ini hasilnya berbeda," katanya.



Sumber: Suara Pembaruan