Taufik Basari Jelaskan Alasan Nasdem Pilih Panja Jiwasraya

Taufik Basari Jelaskan Alasan Nasdem Pilih Panja Jiwasraya
Ilustrasi Jiwasraya. ( Foto: Antara / Galih Pradipta )
Markus Junianto Sihaloho / FER Kamis, 6 Februari 2020 | 17:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Fraksi Nasdem di MPR, Taufik Basari, menyatakan partainya belum memberi dukungan terhadap usul Fraksi Partai Demokrat (PD) dan Fraksi PKS untuk pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Jiwasraya. Nasdem memilih untuk menelusuri masalah itu lewat Panitia Kerja (Panja) yang sudah dibentuk di tiga komisi.

Golkar Tolak Pansus Jiwasraya

Menurut Basari, pansus bersifat politis sehingga bisa mengarah kemana-mana. Berbeda dengan Panja yang saat ini sudah bekerja.

"Pansus arahnya bisa kemana-mana. Bisa lama juga dan berlarut-larut. Jadi memang banyak hal bisa terjadi ketika ini bentuknya pansus. Menurut kami saat ini, saat ini ya, sudah cukup dengan tiga panja itu," kata Taufik Basari, Kamis (6/2/2020).

Sejauh ini, DPR memang sudah membentuk tiga panja, di Komisi III menangani isu hukum, Komisi VI menangani isu BUMN, dan Komisi XI menangani isu keuangan.

Nasdem Dukung Panja Kasus Jiwasraya

Sebagai anggota Panja Komisi III, Taufik Basari menjelaskan, pihaknya akan mulai melakukan pemanggilan sejak minggu depan. Salah satunya rencana memanggil Jaksa Agung Muda Pidana Khusus. Dikatakannya, Nasdem menilai semua pihak harus meyakini bahwa Panja Jiwasraya akan optimal.

"Pokoknya kita tidak alergi terhadap pansus. Tapi kita realistis menghadapi apa yang ada dulu. Yang ada panja, ya kita optimalkan, perkembangan nanti seperti apa ya kita lihat. Cuma kita tidak mau mendahului hal yang masih berjalan. Kalau ternyata panjanya sudah optimal, why not?" beber Taufik Basari.



Sumber: BeritaSatu.com