Nasdem Dukung Panja Kasus Jiwasraya

Nasdem Dukung Panja Kasus Jiwasraya
Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. (Foto: Twitter)
Yeremia Sukoyo / FER Rabu, 5 Februari 2020 | 16:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Nasdem mendukung dan menunggu hasil dari Panitia Kerja (Panja) kasus Jiwasraya yang saat ini bergulir di beberapa komisi di DPR. Saat ini, Panja Jiwasraya sudah bergulir di Komisi III, Komisi VI, dan Komisi XI.

Sejak 2018, PPATK Sudah Buntuti Jejak Uang Terkait Jiwasraya

Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi Nasdem, Ahmad Sahroni, menegaskan, saat ini fraksi Nasdem akan menunggu hasil Panja kasus Jiwasraya. Jika berjalan dengan baik, maka pembentukan Panitia Khusus (Pansus) tentunya tidak diperlukan.

"Kami masih dalam tahapan Panja (kasus Jiwasraya) dulu. Kami wait and see. Mudah-mudahan Panja bagus, jadi tidak perlu Pansus. Kalau Panja kurang bagus, baru kami dorong Pansus," kata Ahmad Sahroni, Rabu (5/2) di Jakarta.

Saat ini, dikatakan Sahroni, sikap partainya terkait kasus Jiwasraga adalah memaksimalkan Panja. Namun, jika memang Panja Jiwasraya nantinya tidak maksimal maka Nasdem akan mendorong pembentukan Pansus.

Pansus Jiwasraya Dinilai Berpotensi Biaskan Proses Hukum

Indikator tidak maksimal yang dimaksud, salah satunya adalah tidak terungkapnya secara mendetail terkait semua pihak yang terlibat dalam kasus tersebut. Termasuk, kemana saja aliran uang kasus Jiwasraya yang diduga merugikan negara triliunan rupiah itu.

"Jika kami dari Nasdem melihat Panja ini tidak maksimal dalam proses pelaksanaannya, maka perlu naik ke Pansus. Semua untuk mengungkap secara detail agar publik tahu," ucap Sahroni.

Nasdem sendiri awalnya memang menginginkan DPR membentuk pansus untuk mengusut kasus Jiwasraya. Namun belakangan, Nasdem kemudian memutuskan untuk mendukung Panja.



Sumber: Suara Pembaruan