Surya Paloh: Jika Panja Jiwasraya Tak Efektif, Tingkatkan ke Pansus!

Surya Paloh: Jika Panja Jiwasraya Tak Efektif, Tingkatkan ke Pansus!
Presiden RI Joko Widodo, didampingi ketua umum Partai Nasdem usai menghadiri acara penutupan Kongres ke II dan ulang tahun ke -8 Partai Nasdem yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta 11 November 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Yeremia Sukoyo / WM Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:49 WIB

 

Makassar, Beritasatu.com - DPR telah sepakat membentuk panitia kerja (panja) terkait kasus Jiwasraya yang diduga telah merugikan negara triliunan rupiah. Pembentukan Panja Jiwasraya sekaligus bertujuan agar proses hukum di kejaksaan bisa lebih cepat dan efektif.

"Saya rasa masalahnya ketika ada tindakan-tindakan yang sudah dilakukan, tingkat Panja itu maka itu tidak ada salahnya," kata Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh ketika ditemui sesaat setelah membuka Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Partai Nasdem, di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/1/2020).

Namun demikian, dikatakan Surya, jika ternyata kedepannya Panja yang sudah dibentuk DPR tidak efektif, maka sebaiknya memang perlu dibentuk Panitia Khusus (Pansus). Mengingat, Pansus memang akan memiliki efek yang lebih besar dalam penyelesaian kasus Jiwasraya ketimbang Panja.

"Kalau hasilnya berjalan di tempat dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, saya pikir tingkatkan dari panja ke pansus Jiwasraya," ucap Surya Paloh.

Dalam kesempatan itu, dirinya pun mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus mengawasi jalannya proses hukum kasus Jiwasraya. Mengingat kasus tersebut akan memiliki implikasi yang cukup besar bagi Indonesia.

"Kita buka mata kepala kita dan telinga kita. Kita ikutin itu. Kalau prosesnya memang tidak baik ya kita katakan kenapa tidak baik. Tetapi sekarang dengan bergeraknya, katakanlah Kejaksaan Agung yang sudah menetapkan tersangka, itu berarti kasus itu tidak berjalan di tempat," ujar Surya.



Sumber: Suara Pembaruan