Jokowi Bakal Jadikan Ibu Kota Baru sebagai Global Innovation Hub

Jokowi Bakal Jadikan Ibu Kota Baru sebagai Global Innovation Hub
Joko Widodo. (Foto: Antara / Puspa Perwitasari)
Novy Lumanauw / FMB Senin, 16 Desember 2019 | 16:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan menjadikan ibu kota baru sebagai global innovation hub atau tempat pertukaran inovasi globalPemerintah berencana akan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, pada 2024 mendatang.

“Di ibu kota baru akan dibangun pusat riset dan inovasi kelas dunia, yang menjadikan ibu kota baru ini sebagai global innovation hub, menjadi titik temu inovasi global,” kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Kepala Negara mengatakan, saatnya talenta-talenta Indonesia serta talenta-talenta global berkolaborasi mengembangkan smart energy, smart health, smart food production yang menciptakan lapangan kerja baru bagi anak-anak muda serta mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk terintegrasi dengan global value chain.

Disebutkan, pada cluster pendidikan di ibu kota baru akan dibangun lembaga pendidikan tinggi berkelas dunia yang bisa menciptakan talenta-talenta top global secara tepat.

“Kalau tujuannya adalah membangun ibu kota yang menjadi mesin penggerak smart economy, maka rancangan ibu kota baru bukan hanya smart metropolis yang compact, nyaman, humanis, dan zero emission, tapi akan memiliki penanda bahwa negara kita telah melakukan transformasi ekonomi ke smart economy dengan dibangunnya kluster-kluster pendidikan, riset, dan inovasi,” katanya.



Sumber: Investor Daily