PPATK Akan Pantau Rekening Peserta Pilkada

PPATK Akan Pantau Rekening Peserta Pilkada
Ilustrasi Pilkada 2020. ( Foto: SP/Muhammad Reza )
Robertus Wardi / YUD Selasa, 19 November 2019 | 18:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) akan memantau rekening para peserta Pilkada 2020. Hal itu sebagai satu bentuk tugas PPATK dalam mengkawal proses pilkada.

“Iya biasa. Biasanya kami kerja sama dengan Bawaslu dan KPU,” kata Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin di Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Ia menjelaskan PPATK prinsipnya bekerja sesuai Undang-Undang yang berlaku. PPATK akan mulai menelisik rekening dana kampanye yang dilaporkan setiap para peserta.

“Kan tentu kita harus sesuai dengan prosedur yang ada. Pertama tentu kita akan melihat sistem kita sendiri. Kan ada yang namanya rekening khusus dana kampanye, bermulanya kan dari situ yg akan kita monitor. Kemudian rekening-rekening lain yang akan kita pantau. Jadi rekening pengurus, partai, dari peserta. Itu semuanya nanti kita lihat ya,” jelas Ahmad.

Dia mengaku masih akan bicara terlebih dahulu dengan Bawaslu dan KPU terkait hal tersebut. Setelah itu, akan dikoordinasikan dengan Menko Polhukam Mahfud MD.

“Nanti lah, nanti belum ditentukan tanggalnya,” tuturnya.



Sumber: Suara Pembaruan