Gerindra: Pilkada Langsung Harus Dievaluasi Mendalam

Gerindra: Pilkada Langsung Harus Dievaluasi Mendalam
ilustrasi pilkada ( Foto: berita satu / IST )
Hotman Siregar / JAS Selasa, 19 November 2019 | 17:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Gerindra Sodik Mudhajid mengakui ada aspirasi evaluasi tentang pelaksanaan sistem pilkada langsung. Menurutnya, wajar jika Mendagri berencana melakukan evaluasi hal tersebut.

"Kami minta evaluasi dilakukan secara mendalam dari setiap faktor yang terlibat dan komprehensif yakni meliputi semua faktor terkait secara terintegrasi," ujar Sodik di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Evaluasi, kata Sodik, dimulai dengan riset atau investigasi lalu kajian dan analisis dilakukan oleh tenaga yang ahli dalam bidang tersebut. Selain itu, peserta independen tidak punya kepentingan pribadi dan kelompok.

"Apakah nanti hasilnya pilkada langsung atau tidak langsung, tetapi tetap dalam wadah demokrasi dan semangat Pancasila khususnya sila keempat dengan semangat kerakyatan," katanya.

Gerindra sendiri, kata dia, masih melakukan riset dan kajian intensif tentang rumusan evaluasi Pilkada. Sodik menyebut evaluasi itu dilakukan dengan prinsip sesuai semangat UUD dan UU.

"Evaluasi harus terbaik untuk bangsa dan rakyat, menghasilkan kepala daerah terbaik, efisien ,dan efektif. Selain itu baik juga untuk para kandidat dan aman dari money politics," tandasnya.



Sumber: Suara Pembaruan