Golkar Dapat Empat Jatah Menteri

Golkar Dapat Empat Jatah Menteri
Presiden Joko Widodo mengumumkan nama-nama menteri Kabinet Indonesia Maju, didampingi Wapres Ma'ruf Amin bersama para menteri baru, di tangga Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019) pagi. ( Foto: SP/Joanito de Saojoao / SP/Joanito de Saojoao )
Robertus Wardi / FMB Rabu, 23 Oktober 2019 | 09:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (PDIP) telah mengumumkan kabinetnya di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Ada 34 nama yang menduduki kursi menteri, sementara empat nama sisanya adalah pejabat setingkat menteri.

Dari nama-nama yang diumumkan, Partai Golkar mendapat empat jatah menteri. Mereka adalah Menko Maritim dan Investasi: Luhut Panjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menpora Zainudin Amali.

Luhut, Airlangga dan Agus adalah menteri lama. Muka baru dari Golkar hanya Zainuddin Amali.

Sebelumnya, sempat muncul di istana adalah politisi Partai Golkar yang juga Menteri Minahasa Selatan yaitu Christiany Eugenia Tetty Paruntu. Namun dia tidak bertemu Jokowi tetapi hanya bertemu Ketua Umum Golkar Airlangga. Padahal Tetty mengaku ditelepon Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sementara itu, dua kader Gerindra masuk kabinet. Mereka adalah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang menjabat Menteri Pertahanan. Kemudian ada Edhy Prabowo yang menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan. Edhy adalah Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Pada Pilpres 17 April 2019 lalu, Prabowo adalah lawan Jokowi. Prabowo berpasangan dengan Sandiaga Uno



Sumber: Suara Pembaruan