PKB: Berkoalisi Tak Sama dengan "Mbebek"

PKB: Berkoalisi Tak Sama dengan
Ilustrasi koalisi. ( Foto: dok )
Markus Junianto Sihaloho / JEM Selasa, 15 Oktober 2019 | 15:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Banyak pihak yang menduga bahwa bila parpol seperti Partai Demokrat (PD) dan Gerindra masuk ke pemerintahan maka tidak akan ada check and balance.

Menjawab hal itu, politikus senior Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazuli Fawaid mengatakan pandangan demikian baru bersifat asumsi.

Diingatkannya parpol koalisi pemerintahan seperti PKB bukan langsung kehilangan sikap kritis ketika di periode pertama pemerintahan Jokowi memberikan dukungan. Selalu saja yang dilakukan adalah yang kurang baik tetap dikatakan kurang baik, sementara yang baik terus mendapat dukungan.

"Justru di situlah menurut saya yang disebut berkoalisi itu begitu. Bukan mbebek. Koalisi tidak sama dengan mbebek (ikut-ikutan). Koalisi itu justru menyamakan posisi bahwa kita bersama-sama menuju yang terbaik," kata Jazuli, Selasa (15/10/2019).

Dan dipastikannya, kalaupun partai seperti Gerindra masuk ke dalam pemerintahan, maka Parlemen takkan menjadi sekedar tukang stempel terhadap kebijakan pemerintah.

"Jangan sampai dong. Masa di DPR zaman seperti ini jadi stempel saja. Ya tidak lah. Kan semua kebijakan dibahas bersama DPR bersama pemerintah, itu memang aturannya. Tapi DPR bukan lembaga stempel," tandasnya.



Sumber: Suara Pembaruan