Hendropriyono: TNI Solid Dukung Pemerintahan Sah Presiden Jokowi

Hendropriyono: TNI Solid Dukung Pemerintahan Sah Presiden Jokowi
Mantan Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendropriyono ( Foto: Antara/Yudhi Mahatma )
Hotman Siregar / AO Sabtu, 5 Oktober 2019 | 12:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono meyakini bahwa prajurit TNI saat ini kuat dan solid dalam mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terpilih secara sah dan demokratis dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Oleh karena itu, Hendropriyono yakin bahwa tidak akan ada gangguan berarti menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang.

“Saya kira TNI mendukung penuh pemerintahan yang sah. Tak ada yang bisa menggulingkan pemerintahan yang sah selama TNI mendukung penuh,” ujar Hendropriyono yang ditemui di sela-sela peringatan HUT ke-74 TNI di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Dia juga yakin bahwa saat ini tidak ada gerakan people power, apalagi untuk menjatuhkan pemerintahan yang sah. Yang ada, kata dia, hanya segelintir orang yang memaksakan kehendak mereka kepada pemerintah yang sah.

Hendropriyono juga memastikan bahwa TNI AD, TNI AU, dan TNI AL solid mendukung penuh pemerintahan Presiden Jokowi dalam lima tahun medatang. Kalau pun ada aksi unjuk rasa, menurut dia itu tak perlu dikhawatirkan. “Menjatuhkan Jokowi itu ibarat jauh panggang dari api. Tentara, seperti TNI Angkatan Darat, sangat mendukung Presiden Jokowi. Kuncinya di angkatan darat,” kata dia.



Sumber: Suara Pembaruan