Paripurna DPR Setujui 5 Anggota BPK RI Baru

Paripurna DPR Setujui 5 Anggota BPK RI Baru
uji kepatutan dan kelayakan calon anggota BPK. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / CAH Kamis, 26 September 2019 | 15:18 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Rapat Paripurna DPR RI menyetujui hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dan mengesahkan lima orang anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024.

Kelima orang yang disahkan tersebut adalah Pius Lustrilanang, Daniel Lumban Tobing, Hendra Susanto, Achsanul Qosasih, dan Harry Azhar Azis. Pengesahan dilaksanakan di dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR Agus Hermanto.

"Apakah laporan Komisi XI DPR RI tentang uji kelayakan dan kepatutan calon anggota BPK RI periode 2019-2024 tersebut dapat disetujui?" kata Agus, Kamis (26/9/2019).

"Setuju," jawab para anggota DPR peserta sidang dengan kompak.

Baca JugaIni Lima Anggota BPK yang Baru

Kelima anggota BPK terpilih itu juga hadir dan lalu diperkenalkan satu persatu oleh pimpinan sidang.

Sebelumnya, Komisi XI DPR melaksanakan voting pemilihan. Wakil ketua Komisi XI DPR Juliari Batubara membacakan laporan proses pemilihan para anggota BPK RI yang baru. Pius Lustrilanang menjadi calon anggota BPK dengan perolehan suara terbanyak yakni 43 suara.

Di peringkat kedua ada Daniel Lumban Tobing dengan 41 suara, ketiga Hendra Susanto mendapatkan 41 suara, lalu Achsanul dengan 31 suara dan Harry Azhar Azis dengan 29 suara.



Sumber: BeritaSatu.com