Sindir Kinerja DPR, Jokowi: Membuat UU Masih Bertele-tele

Sindir Kinerja DPR, Jokowi: Membuat UU Masih Bertele-tele
Anggota DPR RI yang hadir mengikuti rapat paripurna Masa Sidang I Periode 2019-2020, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 22 Agustus 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Yeremia Sukoyo / FMB Senin, 26 Agustus 2019 | 14:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri dan membuka Orientasi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Bagi anggota DPR RI dan DPD RI Terpilih Periode 2019-2024, yang digagas Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, Senin (26/8/2019) di Jakarta.

Di hadapan anggota DPR dan DPD RI terpilih, Jokowi menyindir lambatnya pembuatan UU atau regulasi yang dilakukan oleh Anggota DPR periode sebelumnya. Jokowi berharap ke depannya DPR dapat lebih cepat menyelesaikan UU.

"Mohon maaf, kita masih menggunakan pola lama yang berpuluh-puluh tahun belum berubah. Membuat UU masih bertele-tele. Pembahasan dua kali masa sidang, belum lagi studi banding di dalam maupun di luar negeri," kata Jokowi saat pembukaan Orientasi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Bagi anggota DPR RI dan DPD RI Terpilih Periode 2019-2024.

Diingatkan Jokowi, Bangsa Indonesia harus bergerak cepat jika ingin menjadi pemenang. Kecepatan juga termasuk dalam membuat UU yang dilakukan untuk menjawab segala macam tantangan persoalan bangsa.

"Bagaimana bisa cepat kalau ini semua kita teruskan. Saya melihat, maaf ya, apakah bisa kita evaluasi agar lebih cepat tanpa mengurangi ketelitian dan kualitas kita membuat UU. Juga yang saya lihat, RUU yang belum selesai di periode sebelumnya, harusnya bisa di-take over periode selanjutnya, yang saya tahu ini tidak bisa," ujar Jokowi.



Sumber: Suara Pembaruan