Presiden Jokowi Perintahkan Kapolri Tindak Tegas Rasisme

Presiden Jokowi Perintahkan Kapolri Tindak Tegas Rasisme
Joko Widodo. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / CAH Kamis, 22 Agustus 2019 | 19:04 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengusut peristiwa rasisme yang menimpa mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Kapolri diharapkan melakukan penindakan secara hukum.

“Saya juga telah memerintahkan Kapolri untuk menindak secara hukum, tindakan diskriminasi ras dan etnis yang rasis, secara tegas. Ini tolong di garis bawahi,” tegas Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019).

Presiden mengaku selalu mengikuti perkembangan permasalahan yang terjadi di Papua. Presiden bersyukur situasi telah berjalan normal. “Saya terus mengikuti perkembangan yang ada di Tanah Papua, dan alhamdulillah situasi sudah berjalan normal kembali,” ujar Presiden.

Presiden pun menambahkan, “Permintaan maaf sudah dilakukan, dan ini menunjukkan kebesaran hati kita bersama untuk saling menghormati, untuk saling menghargai sebagai saudara sebangsa dan setanah air.”

Presiden menuturkan, pada pekan depan akan ada pertemuan dengan para tokoh Papua dan Papua Barat. “Baik tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama untuk datang ke istana, berbicara masalah percepatan kesejahteraan di Tanah Papua,” tutur Presiden. 

 



Sumber: Suara Pembaruan