Fadli Zon Sebut Pemindahan Ibu Kota Negara Tak Ada Masalah

Fadli Zon Sebut Pemindahan Ibu Kota Negara Tak Ada Masalah
Wakil Ketua DPR Fadli Zon saat kunjungan kerja di Leuwiliang, Kabupaten Bogor, 27 Feb. 2019. ( Foto: Beritasatu / Vento Saudale )
Hotman Siregar / WM Senin, 19 Agustus 2019 | 16:40 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra Fadli Zon berpendapat bahwa tidak ada masalah dengan pemindahan Ibu Kota Negara ke daerah lain. Namun perlu pengkajian mendalam terkait urgensi waktu dan lokasi ibu kota baru.

"Begini kalau pemindahan itu enggak ada masalah yang penting apakah urgensinya waktunya kapan dan dimana tempatnya. Saya kira itu yang perlu dilakukan pengkajian yang mendalam gitu loh," ujar Fadli Zon, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Gerindra, kata Fadli, tidak pernah apriori, pada pemindahan ibu kota. Karena seperti di Malaysia itu pemindahan ibu kota bagus sehingga ada pusat pemerintahan ada pusat bisnis seperti di putra jaya.

"Jadi yang saya sampaikan adalah waktunya urgensinya, anggarannya, infrastrukturnya gitu. Kalau misalnya ke wilayah yang dekat seperti di Jonggol atau mungkin di Kertajati gitu ya itu sangat memungkinkan secara kalkulasi dan SDM. Sumber daya dan infrastruktur sebagainya," katanya.

Ide pemindahan Ibu kota, kata Fadli, bukan ide Presiden Jokowi namun ide Bung Karno. Jadi kalau bangsa ini sudah cukup banyak uang tak ada masalah memindahkan Ibu kota.

"Kalau perlu pusat-pusat itu dipisah-pisahkan sehingga sentral pertumbuhan barunya banyak gitu. Kalau gagasannya (memindahkan ibu kota) tidak ada yang menolak," katanya



Sumber: Suara Pembaruan