Kuliah Umum Kebangsaan Iluni SPs-UI Hadirkan Tokoh Nasional Surya Paloh

Kuliah Umum Kebangsaan Iluni SPs-UI Hadirkan Tokoh Nasional Surya Paloh
Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh memberikan kuliah umum kebangsaan bertema "Tantangan Bangsa Indonesia Kini dan Masa Depan" di Gedung IASTH Lantai 3 Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Agustus 2019. ( Foto: Istimewa )
Asni Ovier / AO Rabu, 14 Agustus 2019 | 23:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ikatan Alumni Sekolah Pascasarjana Universitas Indonesia (Iluni SPs-UI) menggelar kuliah umum kebangsaan bertema “Tantangan Bangsa Indonesia Kini dan Masa Depan” bertempat di gedung IASTH Lantai 3 Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019). Pada kuliah umum kali ini, Iluni SPs-UI menghadirkan tokoh nasional, Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya PAloh.

“Kuliah umum kebangsaan ini menjadi penting bagi civitas akademika UI, mahasiswa, dan masyarakat umum, bukan hanya untuk menambah wawasan kebangsaan, tetapi juga memahami dan mengerti problematika kebangsaan yang sedang kita hadapi saat ini apalagi jika dikaitkan dengan era industri 4.0 saat ini,” kata Ketua Umum Iluni SPs-UI Audrey Tangkudung dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Dikatakan, dalam kuliah umum ini, Surya Paloh memaparkan soal tantangan saat ini dan masa mendatang yang dihadapi bangsa Indonesia. Pria yang akrab disapa Oddy itu menambahkan, kuliah umum kebangsaan yang digelar oleh Iluni SPs-UI ini jangan dipandang sebagai upaya politisasi kampus.

Menurutnya sebagai tokoh bangsa, siapa pun berhak dan mempunyai kesempatan untuk berbicara sebagai dosen tamu dalam kuliah kebangsaan ini.

“Setelah Pak Surya Paloh, kami juga akan mengundang Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan tokoh bangsa lainnya dari parpol maupun dari lembaga tinggi negara, termasuk para profesional dalam bidang tertentu yang dianggap mumpuni,” jelas Oddy.

Oddy menambahkan kuliah umum kebangsaan ini digelar sebagai bentuk implementasi salah satu program kerja dari pengurus Iluni SPs-UI periode saat ini terkait dengan bidang keilmuan dan kerja sama antarlembaga. “Program ini akan terus dilakukan. Kami pengurus sudah berkomitmen dan mengedepankan pemikiran yang logis dalam memajukan organisasi untuk kemajuan dunia pendidikan dan kepentingan nasional,” ujar Oddy.

Juru Bicara Iluni SPs-UI Fajar Kurniawan menambahkan, sebagai sebuah organisasi yang menaungi seluruh alumni sekolah pascasarjana di UI, apa yang dilakukan oleh pengurus Iluni SPs-UI di bawah kepemimpinan Oddy sudah sesuai dengan jalur yang tepat.

“Sudah benar dan tepat apa yang diperbuat dan peran yang dilakukan oleh Iluni SPs-UI. Ke depan, dengan menggandeng semua pihak yang kompeten, kami juga akan melakukan sebuah kerja nyata bagi kemajuan Iluni SPs-UI, khususnya, dan Iluni UI serta masyarakat umum,” kata Fajar.



Sumber: BeritaSatu.com