Kongres V PDIP Ditutup dengan Salat Iduladha

Kongres V PDIP Ditutup dengan Salat Iduladha
DI Perjuangan menutup rangkaian acara kongres V dengan menggelar salat Iduladha yang digelar di Masjid Al-Ihsaan Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar. Sejumlah pengurus DPP PDI Perjuangan (PDIP) secara simbolis juga menyerahkan hewan kurban sebanyak 30 ekor kambing bagi umat Islam sekitar Sanur, pada Minggu (11/8/2019). ( Foto: Ist )
/ FMB Minggu, 11 Agustus 2019 | 11:40 WIB

Denpasar, Beritasatu.com- PDI Perjuangan menutup rangkaian acara kongres V dengan menggelar salat Iduladha yang digelar di Masjid Al-Ihsaan Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar. Sejumlah pengurus DPP PDI Perjuangan (PDIP) secara simbolis juga menyerahkan hewan kurban sebanyak 30 ekor kambing bagi umat Islam sekitar Sanur, pada Minggu (11/8/2019).

Tampak Ketua DPP PDIP bidang ideologi dan kaderisasi Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP bidang keagamaan dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Hamka Haq, Ketua DPP bidang luar negeri Ahmad Basarah, Ketua DPP bidang industri, tenaga kerja, dan jaminan sosial Nusyirwan Soejono menyerahkan lima ekor kambing secara simbolis bersama Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster.

Peserta Salat Iduladha yang hadir diperkirakan sekitar lebih dari 1.000 orang terdiri dari peserta Kongres Kongres V PDIP, umat Islam sekitar Denpasar serta unsur MUI, NU dan Muhammadiyah Bali.

Bertindak sebagai Imam dan khatib adalah KH Maimun Noer, yang juga khotib syuriah NU Provinsi Bali.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, melalui pernyataan tertulisnya, PDI Perjuangan melaksanakan peringatan Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah secara khusus dengan pertimbangan:

Pertama, sebagai rangkaian dari puncak penutupan Kongres V PDI Perjuangan, seluruh peserta bersama masyarakat Bali merayakan Salat Id di Masjid Al Ihsan Sanur. Kedua, semangat Iduladha digelorakan menjadi semangat berkorban dan berdedikasi bagi rakyat, bangsa dan negara Indonesia.

Menurut Hasto, DPP PDI Perjuangan di Bali, secara simbolis diwakili oleh Prof Hamka Haq, Djarot Syaiful Hidayat dan Achmad Basarah menyerahkan hewan kurban sebanyak 30 kambing dan di DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, mempersembahkan hewan kurban berupa 22 sapi.

Tradisi Salat Id pada Hari Raya Iduladha, juga terus berjalan di DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung Jakata. "Suatu tradisi yang telah berlangsung lama, puluhan tahun, di mana warga masyarakat sekitar lokasi kantor partai menyatu dengan para kader PDI Perjuangan," katanya.

Menurut Hasto, Salat Id di halaman parkir kantor DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung Jakarta yang saat ini dibangun Masjid At Taufiq dikoordinir oleh Baitul Muslimin Indonesia.

Hasto menegaskan, PDI Perjuangan percaya bahwa semangat hubbul wathan minal iman bahwa mengabdi pada Tanah Air merupakan bagian dari iman, muncul dari semangat Islam sebagai rahmatan lil "alamin bagi seluruh semesta alam dan dibumikan dalam semangat pengorbanan, solidaritas dan perjuangan bagi kepentingan yang lebih besar, yaitu memuliakan dan mengabdi Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Selamat Hari Raya Iduladha, kita doakan kepada seluruh warga Indonesia yang sedang menyelenggarakan ibadah haji, semoga menjadi haji mabrur," katanya.

 



Sumber: ANTARA