Pesan Megawati ke Kader PDIP: Himpun Rakyat dalam Pancasila Power

Pesan Megawati ke Kader PDIP: Himpun Rakyat dalam Pancasila Power
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, saat memberi sambutan dalam Kongres V PDIP di Denpasar, Bali, Kamis, 8 Agustus 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Markus Junianto Sihaloho )
Markus Junianto Sihaloho / FMB Sabtu, 10 Agustus 2019 | 13:01 WIB

Denpasar, Beritasatu.com - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, berpesan kepada seluruh kader partainya untuk teguh dan bekerja keras menjadi kader partai pelopor. Modalnya adalah jiwa perjuangan yang disebutnya Trikarsa PDI Perjuangan. Megawati meminta seluruh kader PDI Perjuangan menghimpun kekuatan rakyat dalam Pancasila Power.

Pesan itu disampaikan Megawati dalam pidatonya menutup Kongres V yang diselenggarakan sejak 8 Agustus lalu di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Denpasar, Sabtu (10/8/2019).

"Ingat, berjuanglah tanpa henti dengan kesabaran progresif revolusioner untuk menjadikan PDI Perjuangan sebagai partai pelopor," kata Megawati.

Dijelaskannya, partai pelopor adalah suatu partai yang terarah, dan terukur dalam menghasilkan keputusan politik. Kerja politik utama bagi suatu partai politik harus kembali menghasilkan keputusan politik dengan mengorganisir seluruh tenaga rakyat.

Partai pelopor berarti tindakannya harus menghasilkan keputusan politik yang bukan sekedar menang elektoral. "Menang elektoral harusnya buah dari kerja politik, bukannya transaksional politik," imbuh Megawati.

Menurut Megawati, semua bisa dilakukan dengan sebuah kekuatan jiwa perjuangan yang disebutnya Trikarsa PDI Perjuangan. Yakni, berjuang terus untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; berjuang untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman perencanaan pembangunan di segala bidang kehidupan. Baik di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, maupun bidang lingkungan hidup dalam politik legislasi, politik anggaran, dan politik pengawasan.

"Berjuang menjadikan Pancasila hidup dan menghidupi rakyat dalam lima bidang prioritas; bidang sandang pangan papan, pendidikan, tenaga kerja dan jaminan sosial, infrastuktur dan lingkungan hidup. Dan yang paling utama dalam bidang agama, kepercayaan, mental spiritual dan kebudayaan," beber Megawati.

Dia pun meminta para kader yang menjadi utusan dari daerah dalam mengikuti kongres untuk dapat pulang dengan semangat dan sikap perilaku yang baik.

"Segera bekerja, menyingsingkan lengan baju, sampaikan cinderamata Trikarsa kepada keluargamu, pada kerabatmu, pada sanak saudaramu dan tentu saja pada semua rakyat," kata Megawati.

"Jangan berpuas diri dengan hasil-hasil yang kita capai. Kita masih harus mengerahkan segenap urat-urat dan segenap otot-otot dan pikiran, dan rasa untuk menghimpun seluruh kekuatan bangsa, seluruh tenaga rakyat, himpunlah dalam Pancasila Power. Kekuatan Pancasila, kekuatan gotong royong untuk mencapai Indonesia Merdeka," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com