PKB Klaim Lebih Layak Jadi Ketua MPR Dibanding Gerindra

PKB Klaim Lebih Layak Jadi Ketua MPR Dibanding Gerindra
Ketua Fraksi PKB, Jazilul Fawaid. ( Foto: Facebook )
Yustinus Paat / JAS Sabtu, 20 Juli 2019 | 22:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan PKB lebih pantas menduduki jabatan ketua MPR. Dia menyebutkan dua alasan mengapa PKB lebih layak menjadi Ketua MPR.

Hal ini disampaikan Jazilul menanggapai Partai Gerindra yang tengah mengincar posisi ketua MPR sebagai bentuk rekonsiliasi pasca-Pilpres 2019.

"Pertama, sebagaimana banyak pengamat mengatakan bahwa akan ada kombinasi nasionalis dan agamais di parlemen. Ketua DPR-nya dipegang partai nasionalis dan Ketua MPR-nya dipegang partai agamais. Artinya, PKB lebih pantas dan layak," ujar Jazilul di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Alasan kedua, kata Jazilul, PKB merupakan salah satu partai koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin yang menguasai mayoritas kursi di parlemen. Dalam konteks ini, menurut dia, Gerindra tidak realistis mengincar kursi ketua MPR.

"Kalau Gerindra berkeinginan dan berupaya, ah silakan saja, itu hak Gerindra. Tetapi kan ada mekanisme dan syarat yang dipenuhi. Kita saja belum tahu paket sama siapa saja. Kalau lihat peta politiknya, saya kira tidak pada tempatnya," tandas dia.

Lebih lanjut, Jazilul juga mengatakan pihaknya sudah mendorong Ketum Muhaimin Iskandar atau biasa disapa Cak Imin untuk menjadi Ketua MPR. Sementara Gerindra, dia mengaku belum mengetahui siapa sosok yang didorong untuk menduduki kursi Ketua MPR.

"PKB kan jelas, kita dorong Cak Imin jadi Ketua MPR. Saya tidak tahu Gerindra itu siapa (yang diajukan). PKB sudang matang menjadi Ketua MPR. Apalagi PKB tidak diragukan lagi komitmennya memperkuat Pancasila, kebinekaan, NKRI, dan UUD 1945 selama ini," pungkas dia.



Sumber: BeritaSatu.com