Jalur Sepeda Segera Dilengkapi Pembatas

Jalur Sepeda Segera Dilengkapi Pembatas
Sejumlah pengendara sepeda motor melintasi jalur sepeda di jalan Protokol di Jakarta. ( Foto: BeritaSatu Photo / Ruht Semiono )
Lenny Tristia Tambun / WBP Senin, 21 Oktober 2019 | 18:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Untuk memberikan keamanan bagi pesepeda, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan melengkapi jalur sepeda dengan buffer atau pembatas jalan pada 2020. Tujuannya, kendaraan bermotor tidak bisa berpindah dengan mudah ke jalur khusus sepeda.

Kepala Dinas Bina Marga DKI, Hari Nugroho mengatakan ke depan jalur sepeda di Jakarta harus terlindungi dari ancaman kendaraan bermotor. “Saya pastikan, tahun 2020 jalur sepeda ada di dalam jalan, tidak turun ke jalan. Kita akan buatkan buffer di jalur sepeda. Sehingga pesepeda tidak khawatir ada kendaraan bermotor yang melintas di jalur tersebut,” kata Hari Nugroho di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Sementara Manajer Senior Komunikasi dan Kemitraan Institute Transportation Development Program (ITDP), Fani Rachmita mengatakan pihaknya merekomendasikan jalur sepeda di Jakarta terintegrasi dengan angkutan umum. Selain itu, ada akses menuju titik kegiatan masyarakat.

20 November, Pelanggar Jalur Sepeda Mulai Terkena Sanksi

Dalam konsep jalur sepeda yang diberikan ITDP, kata Fani Rachmita, akan dibangun buffer untuk memisahkan jalur sepeda dengan jalur kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat. “Ada material buffer yang bisa memisahkan jalur sepeda dengan motor. Ini merupakan langkah proteksi yang menjamin keamanan dari penyerobotan jalur oleh kendaraan bermotor,” kata Fani Rachmita.

Masyarakat Masih Enggan Manfaatkan Jalur Khusus Sepeda

Seperti diketahui, Pempov DKI berencana merealisasikan jalur sepeda permanen di akhir tahun 2019 yang dapat dinikmati warga Jakarta. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Pemprov DKI melakukan uji coba jalur sepeda yang dibagi menjadi tiga fase. Uji coba fase 1 antara lain Medan Merdeka Selatan - Jalan Pemuda pada 20 September 2019 - 11 Oktober 2019 sepanjang 25 km, Fase 2 sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - Jalan RS Fatmawati Raya pada 12 Oktober 2019 - 1 November 2019 sepanjang 23 km dan Fase 3 sepanjang Jalan Tomang-Jatinegara pada 2 November - 19 November 2019 sepanjang 15 km.

Total panjang jalur sepeda yang dibangun Pemprov DKI mencapai 63 km.



Sumber: BeritaSatu.com