Mudahkan Pelanggan, Aetra Rilis Aplikasi Mobile Terintegrasi

Mudahkan Pelanggan, Aetra Rilis Aplikasi Mobile Terintegrasi
Tampak ki-ka Direktur Operasi Aetra Lintong Hutasoit, Farid Mahmud; Presdir Aetra Air Jakarta Edy Hari Sasono, dan Vice President Aetra Air Jakarta, L. Bano Rangkuty. ( Foto: Dok Aetra )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Selasa, 10 September 2019 | 13:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan penyedia layanan air bersih di timur Jakarta, PT Aetra Air Jakarta (Aetra) merilis aplikasi terintegrasi "Aetra Mobile" berbasis Android yang menyediakan berbagai fitur untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan.

"Dengan Aetra Mobile masyarakat/calon pelanggan dapat melakukan registrasi sambungan baru yang dilengkapi dengan peta lokasi/GPS, foto dokumen untuk kelengkapan sambungan baru," kata Presiden Direktur Aetra Air Jakarta, Edy Hari Sasono dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Selasa (10/9/2019).

Selain itu, memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melaporkan stand meter (konsumsi air) dengan foto meter dan lokasi. Pelanggan juga bisa mendapatkan rekening bulanan dan bukti bayar dalam format digital yang dikirimkan ke email ataupun dilihat di layar handphone.

Aetra Mobile juga memberikan informasi data histori enam bulan konsumsi bulanan pelanggan. "Dengan smartphone, segala informasi terkait dengan kepelangganan langsung dapat diakses, bahkan dapat sesegera mungkin untuk dilaporkan," kata Edy Hari Sasono.

Aetra juga memperoleh sertifikasi Sistem Jaminan Halal (SJH) dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan grade tertinggi yaitu kategori A (sangat baik) "Perolehan sertifikasi SJH pada Instalasi Produksi Air (IPA) Buaran dan Pulogadung merupakan komitmen Aetra dalam memberikan keterjaminan air bersih yang diproduksi," kata Edy Hari Sasono.

Perolehan ini juga memberikan keamanan kepada seluruh pelanggan untuk mengkonsumsi air Aetra disamping telah sesuai standar Peraturan Menteri Kesehatan dari sisi kehalalan yang dikeluarkan MUI.

Dia menjelaskan ada 11 kriteria tahapan yang menjadi parameter untuk memperoleh sertifikasi itu seperti kebijakan, tim manajemen, pelatihan dan edukasi, bahan yang digunakan dalam pembuatan produk, fasilitas produksi, prosedur tertulis aktivitas kritis, kemampuan telusur (tracebility), audit internal, hingga kaji ulang manajemen,

Sementara menghadapi musim kemarau Edy Hari Sasono mengatakan, Aetra melakukan perubahan pola aliran dari system based on flow menjadi based on pressure. Hal ini sebagai upaya Aetra dalam memberikan kepastian semua masyarakat di area pelayanan untuk mendapatkan kontinuitas dan kuantitas suplai air. "Terkait kontinuitas, penerapan teknologi penyediaan air bersih tepat guna terus dikembangkan tidak hanya untuk keperluan domestik (rumah tangga), namun untuk pemenuhan kebutuhan pelanggan komersial (industri),' kata Edy Hari Sasono.

Bahkan saat ini Peningkatan suplai disertai dengan pengaturan jaringan memiliki dampak pada peningkatan tekanan di pelanggan yang disertai dengan penurunan tingkat kehilangan air. Hingga semester I-2019 ini, sebanyak 55,6 persen dari total pelanggan Aetra telah memiliki tekanan air di atas 0,75 bar.

Aetra juga berkomitmen menambah cakupan layanan dengan memberikan keringanan dan kemudahan mendapatkan akses air bersih, melalui program BACAN (Bayar Air Harga Cantik). Atas keringanan proses sambungan baru dan tarif pelanggan yang terjangkau jumlah pelanggan Aetra pada Juli 2019 mencapai sebanyak 462.300 sambungan, atau naik 73 persen dibandingkan awal konsesi pada tahun 1998 sebanyak 268.000 sambungan.

 

 



Sumber: BeritaSatu.com