Logo BeritaSatu

Harga Jual Jadi Tantangan Utama Mobil Listrik di Indonesia

Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:18 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengungkapkan, masih minimnya penjualan kendaraan listrik di Indonesia salah satunya disebabkan oleh harga jual mobil listrik yang masih tinggi dibandingkan mobil dengan teknologi internal combustion engine (ICE).

"Masalahnya, mobil listrik itu dari segi harga memang belum terjangkau. Bukan tidak bisa, tapi kan segmennya di atas. Kalau nanti ada kendaraan listrik yang harganya seperti mobil yang sekarang laku keras sekitar Rp 250 juta hingga Rp 300 juta, pasti mobil listrik akan banyak dibeli orang," kata Nangoi di pameran GIIAS 2022 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Dipasarkannya mobil listrik Wuling Air ev dengan harga mulai Rp 238 juta diharapkan Nangoi bisa semakin menggairahkan pasar mobil listrik di Indonesia. "Kita lihat nanti, apakah modelnya cocok, sesuai keinginan masyarakat. Kalau iya, pasti penjualannya bisa oke," kata Nangoi.

Terkait harapan dukungan dari pemerintah dalam pengembangan mobil listrik, Nangoi mengatakan sudah cukup banyak dukungan yang diberikan pemerintah, mulai dari PPnBM 0%, bea balik nama nol, hingga bebas aturan ganjil-genap.

"Kendaraan listrik itu memang dari sananya biaya produksinya mahal. Pemerintah kan tidak bisa memberikan subsidi terus. Hari ini kita tidak bisa mengharapkan pemerintah memberikan subsidi," kata Nangoi.

Harga Jual Jadi Tantangan Utama Mobil Listrik di Indonesia
Wuling Motors (Wuling) meluncurkan mobil listrik Air ev secara global dalam pembukaan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, di ICE BSD City, Tangerang, 11 Agustus 2022.

Untuk menekan biaya produksi mobil listrik, kuncinya menurut Nangoi adalah menggunakan lebih banyak komponen dalam negeri.

"Kita menyambut baik ada pabrik baterai mobil listrik. Mudah-mudahan kalau pabrik ini sudah bisa beroperasi, baterainya itu harganya bisa lebih murah dari yang sekarang. Itu harapan kita, jadi makin banyak komponen dalam negeri yang dipakai, harapannya biaya produksinya bisa turun," kata Nangoi.

Terkait rencana pemerintah untuk mengadopsi kendaraan listrik secara penuh mulai 2040, Nangoi belum bisa memprediksi bagaimana nantinya nasib kendaraan ICE.

"Ini kan masih lama, kita tunggu saja. Ini kan alamiah. Kalau nanti masyarakat sudah sanggup beli mobil listrik, lama kelamaan yang ICE kan tidak laku. Kalau tidak laku, pastinya para produsen tidak akan produksi lagi yang ICE," kata Nangoi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pasar Otomotif Pulih, Ini Strategi BOLT Genjot Penjualan

Sejalan pulihnya permintaan otomotif pascapandemi, PT Garuda Metalindo Tbk (BOLT) mendorong penjualan dengan pengembangan produk dan pemasaran.

OTOMOTIF | 25 November 2022

Menhub: Mobil Listrik Masih Baru, Semoga Menginspirasi Masyarakat

Menhub berharap, mobil listrik yang relatif baru dapat menginspirasi masyarakat untuk memilikinya.

OTOMOTIF | 22 November 2022

Keuntungan Kendaraan Listrik, Lebih Irit hingga Dapat Insentif

Menhub Budi Karya membeberkan keuntungan menggunakan kendaraan listrik dibanding konvensional.

OTOMOTIF | 22 November 2022

Puji Investasi Toyota, Airlangga: Masa Depan Kendaraan Listrik Cerah

"Semoga investasi Toyota dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia dapat memunculkan investasi-investasi baru lainnya," kata Airlangga.

OTOMOTIF | 21 November 2022

Ini Keunggulan Sistem Hybrid di Kijang Innova Zenix

Toyota menyematkan teknologi Toyota hybrid system generasi ke-5 pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid.

OTOMOTIF | 21 November 2022

Kijang Innova Zenix Hybrid Bakal Diekspor ke 13 Negara

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah memulai produksi All New Kijang Innova Zenix di pabrik perakitan Toyota di Karawang, Jawa Barat.

OTOMOTIF | 21 November 2022

Kijang Innova Zenix Hybrid Resmi Diluncurkan, Segini Harganya

PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Kijang Innova Zenix Hybrid. Kendaraan ini jadi model hybrid pertama yang diproduksi Toyota di Indonesia

OTOMOTIF | 21 November 2022

Kijang Innova Zenix Hybrid Mulai Diproduksi di Indonesia

Toyota memulai produksi kendaraan listrik pertamanya di Indonesia. Kijang Innova Zenix menjadi mobil hybrid pertama yang diproduksi Toyota di Indonesia.

OTOMOTIF | 21 November 2022

TMMIN Bakal Luncurkan Pabrik Mobil Listrik Toyota Hari Ini

Untuk mendukung pengembangan mobil listrik Toyota, TMMIN hari ini akan meluncurkan faslitas produksi mobil listrik barunya di pabrik Karawang I.

OTOMOTIF | 21 November 2022

Ke VWD 2023, Pria Ini Akan Touring dari Jakarta ke Swiss Pakai Vespa Listrik

Untuk ikut merayakan Vespa World Day (VWD) 2023 di Swiss, Siar bersama rekannya, Joe, berencana untuk mengendarai vespa dari Jakarta ke Swiss.

OTOMOTIF | 21 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE