Logo BeritaSatu

Gaikindo: Mobil Baru Jangan Dipaksa “Minum” BBM Oktan Rendah

Jumat, 29 Juli 2022 | 12:59 WIB
Oleh : Harso Kurniawan / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Mobil-mobil baru lansiran tahun 2018 ke atas jangan dipaksa “minum” bahan bakar minyak (BBM) beroktan rendah, berdasarkan rekomendasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Sebab, hal itu bisa menurunkan performa mesin sekaligus mengabaikan aturan pemerintah terkait penerapan standar emisi gas buang Euro 4.

Dengan demikian, selain mesin disesuaikan untuk Euro 4, BBM yang digunakan harus memenuhi standar tersebut, yakni yang berkadar oktan tinggi, seperti Pertamax Series. “Sejak 2018, mesin semua kendaraan harus memenuhi standar emisi gas buang Euro-4. Nah, supaya bisa menghasilkan emisi gas buang sesuai Euro 4, bahan bakarnya pun harus sesuai standar Euro 4,” jelas Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, Kamis (28/7/2022).

Menurur dia, pemerintah memang menerapkan standar emisi gas buang Euro 4 bagi seluruh kendaraan roda empat sejak 2018. Aturan tersebut berlaku bagi semua jenis kendaraan, termasuk low cost green car (LCGC) atau kendaraan ekonomis dan ramah lingkungan.

Dengan kebijakan ini, lanjut Kukuh, seluruh industri otomotif nasional pun memiliki kewajiban memproduksi mobil dengan standar Euro 4, sebagai langkah mendukung kebijakan pemerintah, yakni Peraturan Menteri LHK No.P. 20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor roda 4 atau lebih Tipe Baru Katagori M, N dan O. Dalam pasal 2 ayat 1 aturan itu, setiap usaha dan/atau kegiatan produksi kendaraan bermotor tipe baru, wajib memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang standar Euro 4.

Selain menghasilkan emisi yang lebih ramah lingkungan, lanjut Kukuh, penggunaan bahan bakar berkualitas tersebut berdampak positif terhadap performa mesin kendaraan. Dengan menggunakan BBM setara Euro 4 tersebut, proses pembakaran menjadi lebih baik, karena kadar oktan tinggi dan tingkat sulfur yang rendah.

Sebaliknya, jika kendaraan dipaksa memakai BBM yang tidak memenuhi standar bahan bakar Euro 4, mesin kendaraan tidak akan bekerja secara optimal. Dalam hal ini, mesin akan menggelitik, boros bahan bakar, dan seluruh konsekuensi yang akan ditimbulkan oleh mesin kendaraan.

“Kalau ini tidak dipenuhi, kinerja mesinnya tidak akan optimal, terjadi knocking, mesinnya cepat rusak, menggelitik, boros, dan sebagainya. Turunnya performa mesin juga disebabkan pembakaran yang tidak sempurna,” pungkas Kukuh.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekosistem Kendaraan Listrik Dimulai dari Sistem Energi Nasional

Ekosistem yang perlu disiapkan pemerintah untuk pengembangan kendaraan listrik  dimulai dari penataan ulang sistem energi nasional.

OTOMOTIF | 24 September 2022

Tim Mitsubishi Ralliart Akan Berkompetisi di AXCR 2022

Tim Mitsubishi Ralliart akan berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors.

OTOMOTIF | 23 September 2022

1,5 Tahun Mengaspal, Harga New Pajero Sport Bekas Masih Tinggi

Mitsubishi New Pajero Sport masih jadi favorit masyarakat di segmen SUV 7 kursi ladder frame.

OTOMOTIF | 22 September 2022

Beralih ke Sepeda Motor Listrik? Ini Aneka Pilihan Modelnya

Terdapat berbagai jenis sepeda motor listrik yang bisa digunakan sebagai sarana transportasi sehari-hari.

OTOMOTIF | 22 September 2022

Busworld Southeast Asia 2022 Bidik Transaksi Rp 4 Triliun

Pemeran Busworld Southeast Asia 2022 akan hadir di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 5- 7 Oktober 2022 mendatang.

OTOMOTIF | 20 September 2022

Permintaan Komponen Otomotif Dharma Polimetal Naik 30%

Emiten produsen komponen otomotif, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) mengalami lonjakan permintaan dibandingkan rata-rata permintaan Januari-April 2022.

OTOMOTIF | 20 September 2022

Penjualan Mobil Listrik di 2022 Sudah Lampaui Tahun Lalu

Harga mobil listrik tergolong tinggi dan mayoritasnya berstatus impor, hanya dua merk yang diproduksi dalam negeri Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5

OTOMOTIF | 20 September 2022

Menhub: Konversi Kendaraan BBM ke Listrik Diupayakan Dapat Subsidi

Kemenhub mengupayakan pemberian subsidi dapat dilakukan terhadap biaya konversi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak (BBM) ke KBLBB.

OTOMOTIF | 20 September 2022

SPKLU EVCuzz Raih Penghargaan Indonesia Golden Award 2022

EVCuzz, sebagai salah satu operator SPKLU (stasiun pengisian kendaraan listrik umum) meraih penghargaan Indonesia Golden Award 2022.

OTOMOTIF | 19 September 2022

AHM Luncurkan Motor Sport New Honda CBR250RR, Ini Harganya

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New CBR250RR dengan mengadopsi karakter motor besar dalam keseluruhan desain bodi, fitur, dan performa mesin.

OTOMOTIF | 19 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ungkap Kesamaan PDIP dengan PKB, Puan: Partai Wong Cilik

Ungkap Kesamaan PDIP dengan PKB, Puan: Partai Wong Cilik

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings